Sukses

Ribuan Orang Kunjungi Toba Caldera Resort Saat Momentum Libur Lebaran Idul Fitri 2023

Toba Caldera Resort yang berada di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) dikunjungi ribuan orang pada momentum libur Lebaran Idul Fitri 2023.

Liputan6.com, Toba Toba Caldera Resort yang berada di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) dikunjungi ribuan orang pada momentum libur Lebaran Idul Fitri 2023.

Sejak 19 April 2023 hingga 1 Mei 2023, wisatawan yang berkunjung ke salah satu lokasi wisata di kawasan Danau Toba itu tembus mencapai angka kunjungan 41.504 orang.

Badan Pelakasana Otorita Danau Toba (BPODT) selaku pengelola destinasi wisata The Kaldera mencatat, rekor pengunjung terbanyak selama masa libur Lebaran Idul Fitri 2023.

"Rekor tersebut dicapai dalam kurun waktu 13 hari,” kata Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan, Selasa (2/5/2023).

Diterangkan Jimmy, rekor pengunjung ini merupakan kabar gembira. Kunjungan terbanyak terjadi pada 24 April 2023, yaitu sebanyak 6.061, dan 30 April 2023, sebanyak 5.747 pengunjung.

"Hal ini sangat berkontribusi terhadap pendapatan BLU (Badan Layanan Umum)," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Banyak dari Tahun Lalu

Diungkapkan Jimmy, jumlah pengunjung pada libur Lebaran 2023 tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan jumlah tahun lalu yang mencapai 30 ribu-an pengunjung.

Banyaknya pengunjung di Toba Caldera Resort karena masyarakat menghabiskan waktu libur Lebaran sebelum kembali beraktivitas normal. Terlebih per hari ini anak sekolah sudah mulai masuk seperti biasa.

Pengunjung ketika liburan di Toba Caldera Resort banyak menikmati beberapa permainan, seperti ATV, Flying Fox, Panahan, Paintball dan lain lain. Juga ada beberapa pertunjukkan band dan atraksi seni budaya dari sanggar tari sekitaran Toba Caldera Resort.

Apabila pengunjung ingin mengelilingi Toba Caldera Resort, juga dapat menyewa sepeda motor listrik yang telah disediakan.

"Para pengunjung juga dapat menikmati beberapa produk dari UMKM binaan BPODT dan Nom addict Café & Kitchen," Jimmy mengungkapkan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Penampilan Penyanyi Batak

Disebutkan Jimmy, pada minggu lalu banyak pengunjung Toba Caldera Resort yang ingin menyaksikan penampilan dari Jun Munthe, salah satu penyanyi batak yang saat ini digandrungi para milenial batak.

Catatan Divisi Komunikasi Publik BPODT, sebagian besar pengunjung TCR berasal dari Provinsi Sumut, seperti Medan, Deli Serdang, Tebing Tinggi, Asahan, Pematang Siantar, Labuhan Batu, Indrapura, Sibolga ,dan Tapanuli Selatan.

Sementara pengunjung yang berasal dari luar Provinsi Sumut, yaitu Aceh, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Jawa Barat dan juga DKI Jakarta. Bahkan ada dari Papua. Selain itu ada juga turis mancanegara asal Malaysia dan Singapura.

Seorang pengunjung TCR asal Jakarta, Tere mengatakan, saat liburan ke Danau Toba ia mengunjungi Toba Caldera Resort karena melihat di media sosial akan ada penampilan dari Jun Munthe.

"Sejak datang Presiden Joko Widodo ke Toba Caldera Resort, para pengunjung selalu berkunjung ke tempat ini dan berfoto. Ternyata di sini ada juga permainan ATV dan Flying Fox. Pokoknya seru," ujar Tere.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.