Sukses

Warga Gorontalo Diminta Waspada Cuaca Ekstrem, Termasuk Hujan Lebat dan Angin Kencang

Meski begitu, warga diminta untuk mewaspadai cuaca buruk ini selama beberapa hari ke depan.

Liputan6.com, Gorontalo - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat, petir, dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pohuwato, Bone Bolango, dan sekitarnya.

Peringatan dini ini berlaku pada Kamis (27/4/2023) yang berlaku mulai jam 08.00 Wita selama 24 jam. Meski begitu, warga diminta untuk mewaspadai cuaca buruk ini bisa saja terjadi selama beberapa hari ke depan.

Selain itu, BMKG juga mengumumkan prakiraan cuaca pada pagi hari kondisi cuaca umumnya cerah hingga cerah berawan. Siang hari kondisi cuaca umumnya cerah berawan hingga hujan.

Potensi hujan ringan di wilayah Popayato, Randangan, Marisa, Paguat, Tilamuta, Asparaga, Limboto, Batudaa, Kota Gorontalo, Suwawa, Pinogu dan sekitarnya.

"Potensi hujan lebat disertai kilat/petir di wilayah Taluditi, Kabila Bone, Bone Raya dan sekitarnya," kata Sayid Mahadir Koordinator Data dan Informasi BMKG Gorontalo.

Pada malam hari, kondisi cuaca umumnya cerah berawan hingga berawan. Pada dini hari kondisi cuaca umumnya cerah berawan hingga berawan. Potensi kabut di wilayah Taluditi, Boliyohuto, Tibawa dan Pinogu.

"Suhu berkisar antara 24-34 derajat Celsius dengan kelembaban antara 60–95 persen. Arah angin: barat daya – utara dengan kecepatan berkisar 10 km/jam," ujar Sayid Mahadir.

Prakiraan gelombang jalur penyeberangan di lokasi Laut Sulawesi Gorontalo Utara kondisi cuaca diprakirakan cerah berawan, arah angin dari timur laut–timur dengan kecepatan 12-30 km/jam. Ketinggian gelombang berkisar antara 0,5-1,25 m.

Di Teluk Tomini kondisi cuaca diprakirakan cerah berawan, arah angin dari timur laut-timur dengan kecepatan 4-16 km/jam. Ketinggian gelombang mencapai 0,5 m.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.