Sukses

Dijaga Brimob Saat Libur Lebaran Idul Fitri, Kawasan Pantai Selatan Garut Bebas Parkir Liar

Keterlibatan Brimob dalam pengamanan mudik lebaran Idul Fitri 2023, diharapkan mampu menekan angka krimininalitas termasuk premanisme yang berpotensi mengganggu masyarakat.

Liputan6.com, Garut - Untuk memberikan rasa aman bagi pengunjung wisata saat libur lebaran 2023 di sepanjang pantai selatan Jawa Barat, Satbrimob Kepolisian Daerah (Polda) Jawa  Barat, mendirikan 14 pos brimob beranggota 10 personel tiap pos.

Selain mengamankan, mereka bertugas menghilangkan premanisme seperti praktik parkir liar yang kerap dilakukan preman setempat, di sepajang pantai selatan mulai Garut, Kabupaten Tasikmalata, Kota Tasik, Kabupaten Ciamis, hingga Pangandaran.

Komandan Batalyon (Danyon) D Pelopor Satbrimob Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat, Kompol Iyus Ali Yusuf, mengatakan pengamanan yang dilakukan brimob merupakan permintaan warga untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi mereka, saat libur lebaran Idul Fitri 2023 berlangsung.

"Para pemudik maupun yang melaksanakan silaturahmi dengan keluarganya, termasuk berwisata ke daerah pantai selatan, menjalani dengan kondisi aman, nyaman, dan lancar," ujarnya, Selasa (25/4/2023).

Menurutnya, keterlibatan Brimob dalam pengamanan mudik dan libur lebaran 2023, diharapkan mampu menekan angka krimininalitas termasuk aksi premanisme yang berpotensi mengganggu masyarakat.

"Jadi tidak ada preman-preman yang menguasai parkiran sudah kami amankan semua," kata dia.

Bahkan, jika mereka tetap membandel dengan menggelar parkir liar, anak buahnya tidak akan tinggal diam menindak mereka. "Kita akan amankan, kemudian kita serahkan ke Polsek setempat yang ada di wilayah," kata dia.

Lusi (28), pengunjung asal Bandung mengaku terbantu dengan kehadiran Brimob di kawasan wisata, selain lebih aman, seluruh pengunjung yang datang mampu menikmati libur Idul Fitri 2023 dengan tenang.

"Kondisi Sayangheulang sekarang lebih bagus, tempat penginapannya lebih bagus dari sebelumnya lah, termasuk keamanannya," kata dia.

Hal senada disampaikan Ipan (31), pengunjung lokal asal Karangpawitan Garut. Menurutnya, pola keamanan di kawasan tempat wisata pantai di Garut lebih tertata rapi dengan kehadiran Brimob.

"Panorama pantainya juga bagus, dengan harga tiket yang terjangkau dan tidak ada parkiran liar," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini