Sukses

Warga Muhammadiyah Kota Jayapura Sholat Id di Halaman Parkir Kampus Uncen

Warga Muhammadiyah di Kota Jayapura Papua menggelar sholat Idul Fitri, Jumat pagi (21/4/2023) di halaman parkir kampus Universitas Cendrawasih.

 

Liputan6.com, Jayapura - Warga Muhammadiyah di Kota Jayapura Papua menggelar sholat Idul Fitri, Jumat pagi (21/4/2023), atau sehari lebih awal dari keputusan Kementerian Agama RI, yakni Sabtu, 22 April 2023. 

Sekitar 1.500 umat Islam di Kota Jayapura, Jumat pagi memadati halaman parkir gedung pasca-sarjana kampus Universitas Cenderawasih di Abepura untuk melaksanakan sholat Id 1444 H.

Ketua Panitia Shalat Id Muhammadiyah Kota Jayapura Udin Ramazakir mengatakan, ribuan umat Islam yang melaksanakan sholat Idul Fitri di lapangan halaman Uncen, bukan saja berasal dari warga Muhammadiyah tetapi masyarakat umum yang ingin melaksanakan shalat Id.

"Memang yang hadir untuk melaksanakan shalat Id 1444 H, Jumat (21/4/2023) bukan saja warga Muhammdiyah tetapi warga lainnya yang ingin melaksanakan sholat Id hari ini, " kata Udin.

Shalat Lebaran Idul Fitri kali ini yang menjadi imam adalah Ustaz Muhammad Afdal dan penceramah Ustaz Yazid Saifudin, dan dimulai pukul 07.00 WIT.

Wakil Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Papua Suwito secara terpisah menjelaskan pelaksanaan sholat Idul Fitri tidak saja di lakukan di halaman parkir pasca sarjana Uncen karena ini hanya dihadiri warga Kota Jayapura, sedangkan di Kabupaten Jayapura dilaksanakan di Sentani.

Demikian pula di Kabupaten Keerom di laksanakan di halaman panti asuhan Muhammadiyah di Arso.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sholat Idul Fitri di Jakarta

Sementara itu, di Jakarta, jemaah Sholat Idul Fitri Muhammadiyah 1444 Hijriyah memadati kawasan pacuan kuda Equestrian Pulomas, meskipun kondisi becek akibat hujan yang mengguyur sejak Senin dini hari.

"Kondisi becek, kalau terang kita teruskan tapi kalau hujan kita sediakan masjid cadangan," kata Panitia Sholat Id, Aries.

Aries mengatakan seandainya tiba-tiba hujan mengguyur maka pihaknya akan memindahkan acara Sholat Id ke Islamic Center Almadani di Kayu Putih, Jakarta.

Aries mengatakan pihaknya telah menyiapkan tempat untuk kapasitas sekitar 5.000 jamaah dalam penyelenggaraan Sholat Id tersebut. Panitia juga menyiapkan toilet dan tempat wudhu untuk jamaah yang belum mengambil air wudu meskipun acara diadakan di lapangan parkir.

"Luasnya kira-kira dua hektar, insyaallah cukup," lanjut Aries.

Jamaah telah memadati kawasan Equestrian sejak pukul 05.45 WIB dan jumlahnya terus bertambah. Pelaksanaan Sholat Id dipimpin Imam M Rijal Anshorullah, dan Khatib Din Syamsuddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini