Sukses

Urip Urup Nguripi, Pedoman Komunitas Bola Berbagi di Bulan Puasa

Meski sudah banyak komunitas yang berbagi kebaikan di bulan Ramadan, tak menyurutkan pedoman urip urup dan nguripi ala komunitas suporter Persis Solo guna membagikan ratusan bungkus takjil di jalan.

Liputan6.com, Sukoharjo - Seetiap hari titik-titik di wilayah Kabupaten Sukoharjo ketika menjelang buka puasa dipenuhi warga masyarakat atau komunitas-komunitas saling berlomba kebaikan dengan bagi takjil untuk para pengguna jalan.

Tidak bosannya mereka silih berganti membagikan takjil kepada pengguna jalanan, seperti yang dilakukan oleh komunitas suporter Persis Solo yakni, Pasoepati Mojolaban dan Ultras 1923 di area lampu merah Pasar Bekonang, Sukoharjo.

Ketua Pasoepati Mojolaban, Andi menyebut meski sudah banyak pihak yang berbagi takjil setiap harinya, namun pihaknya tetap turut serta berbagi takjil kepada masyarakat pengguna jalan. Ratusan takjil pun mereka bagikan dari uang hasil iuran para anggotanya itu disambut masyarakat sekitar dengan suka cita.

"Kita mulai bagi takjil jam 4 sore, kami tidak itung pastinya berapa yang pasti ada ratusan bungkus. sekitar 50 anggota hadir dalam kegiatan sore ini," kata Andi kepada Liputan6.com, Selasa (18/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agenda Rutin Tiap Tahun

Pada saat yang sama dikonfirmasi Praditya Yoga Adi Wardana, Perwakilan komunitas Pasoepati mengaku kegiatan yang dilakukan komunitasnya tersebar di beberapa wilayah dengan waktu yang berbeda juga.

Menurutnya, momentum bulan Ramadan menjadi salah satu cara mereka merapatkan silaturahmi, terlebih saat ini kompetisi sepak bola sudah selesai.

"Tidak ada sepak bola, ya kita lakukan hal positif, ke depan juga akan lebih digiatkan lagi kegiatan yang lebih manfaat," kata dia.

Dirinya menyebut meski kompetisi sepak bola sedang tidak bergulir, komunitas sepak bola khususnya di Solo Raya masih aktif dalam kegiatan khususnya hal positif.

"Tadi tidak sengaja dari komunitas lain (Ultras 1923) juga bagi takjil di lokasi yang sama. Meski beda ideologi, tetapi kami sama-sama Persis fans, jadi sekalian kolaborasi tadi," tutur dia.

Sementara itu, Perwakilan Bekonang Brigade yang tergabung dalam komunitas ultras, Arendra mengaku kegiatan ini dilakukan sesuai hasil dari forum bulanan komunitasnya Ultras 1923.

"Kami komunitas Bekonang Brigade selaku sub dari Distrik Timur Ultras 1923 ikut turut serta melakukan bagi takjil. Ini merupakan kegiatan wajib dilaksanakan setiap bulan Ramadhan dalam rangka sebagai perwujudan dari salah satu manifesto kami, yaitu Urip Urup Nguripi (hidup untuk menghidupi)," ucap Arendra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.