Sukses

Pastikan Kelaikan, Dishub Kota Palangka Raya Periksa Armada Mudik 2023

Guna memastikan keamanan dan kelancaran mudik lebaran 2023/ 1444 H, Dishub Kota Palangka Raya melakukan pemeriksaan angkutan mudik di Terminal W.A Gara Kota Palangka Raya, Senin (17/4/2023).

Liputan6.com, Palangka Raya - Guna memastikan keamanan dan kelancaran mudik lebaran 2023/ 1444 H, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya melakukan pemeriksaan angkutan mudik di Terminal W.A Gara Kota Palangka Raya, Senin (17/4/2023).

Pemeriksaan tersebut meliputi kelengkapan administrasi, kondisi ban, lampu utama, dan rem kendaraan. Hal itu untuk memastikan agar para armada angkutan mudik dalam status laik jalan.

Bahkan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Alman P Pakpahan meminta masyarakat untuk menggunakan angkutan resmi atau berizin saat akan mudik.

"Demi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan, masyarakat diharapkan teliti dalam memilih angkutan mudik, terutama untuk angkutan darat, jangan sampai naik angkutan liar atau tidak resmi," ungkap Alman.

Dirinya juga mengatakan kendaraan angkutan penumpang yang tidak berizin tentunya sangat membahayakan. Selain tidak adanya pengecekan laik jalan, penumpang pun tidak mendapat jaminan asuransi dari Jasa Raharja.

"Berbeda dengan angkutan resmi seperti travel atau perusahaan. Jika terjadi apa-apa kita bisa langsung meminta tanggung jawab kepada pengelola perusahaan. Selain itu, penggunaan angkutan resmi juga terkait asuransi," tambah Alman.

Selanjutnya, terkait pengaamanan arus lalu lintas mudik lebaran 2023, Dishub Kota Palangka Raya telah mendirikan posko mudik lima titik yakni Bandara Tjilik Riwut, Jalan Mahir Mahar, Pahandut Seberang, Bundaran Besar, dan Jalan Tjilik Riwut Km 13.

“Selain itu, dilaksanakan pos-pos pemantauan guna meminimalisir terjadinya kasus kecelakaan,” tambahnya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan Satlantas Polresta Palangka Raya, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kalteng, PT Jasa Raharja Palangka Raya dan pihak terkait lainnya.

Sementara,  itu Kepala BPTD Wilayah XVI Provinsi Kalimantan Tengah, M Andi Rachmatullah mengatakan bahwasannya tak hanya armada, pengemudi pun juga dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Harapan kami perjalanan mudik tahun ini dapat berjalan lancar dan aman. Bagi sopir diharapkan membawa kendaraannya dengan penuh kehati-hatian karena melibatkan nyawa orang banyak,” pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.