Sukses

Fenomena Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023, Bisa Disaksikan di Indonesia?

Beberapa hari lagi akan terjadi fenomena gerhana matahari hibrida yang akan terjadi pada 20 April 2023.

Liputan6.com, Bandung - Beberapa hari lagi akan terjadi fenomena gerhana matahari hibrida yang akan terjadi pada 20 April 2023. Fenomena gerhana matahari ini juga dapat disaksikan di Indonesia di beberapa daerah tertentu.

"Sobat BMKG, jangan lupa tanggal 20 April nanti bakal ada gerhana matahari total!" tulis keterangan akun media sosial BMKG dikutip Senin (17/4/2023).

Gerhana matahari hibrida sendiri merupakan fenomena yang cukup langka karena hanya dapat disaksikan di beberapa wilayah saja. Gerhana ini adalah sebuah fenomena gerhana matahari total dan juga cincin yang terjadi berurutan dalam satu fenomena gerhana.

Pihak BMKG menyatakan fenomena gerhana ini dapat disaksikan di beberapa wilayah di Indonesia. Di antaranya gerhana matahari total yang diamati di Biak dan Pulau Kisar.

Namun, untuk gerhana matahari cincin tidak dapat diamati di wilayah Indonesia.

"Untuk menyaksikan gerhana matahari total, Sobat harus berada di Biak dan Pulau Kisar, selebihnya hanya gerhana matahari sebagian yah. Sementara itu, gerhana matahari cincin tidak dapat teramati di Indonesia," jelas keterangan @infoBMKG.

Melansir dari space.com, gerhana matahari hibrida merupakan sebuah peristiwa astronomi yang unik dan juga langka. Pada dasarnya gerhana matahari sendiri mempunyai tiga jenis gerhana.

Di antaranya adalah gerhana matahari sebagian yang merupakan jenis gerhana yang paling umum. Karena bulan hanya menghalangi sebagian dari matahari dan mengirimkan bayangan penumbra melintasi sebagian Bumi.

Kemudian, jenis yang kedua adalah gerhana matahari annular di mana bulan menghalangi pusat matahari. Namun, menyisakan lingkaran cahaya dari matahari yang terlihat dalam bayangan yang disebut antumbra dan sering disebut menjadi "cincin api".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fenomena Langka

Adapun jenis gerhana yang ketiga adalah gerhana matahari total yang mana keseluruhan piringan matahari terhalang oleh bulan. Sehingga memperlihatkan pemandangan spektakuler dari korona matahari.

Tentunya yang terakhir adalah jenis gerhana matahari hibrida yang unik dan langka karena bisa terjadi hanya beberapa kali saja dalam satu abad. Gerhana ini sendiri merupakan gerhana kombinasi dari tiga jenis gerhana matahari umum lainnya.

Sehingga, gerhana matahari hibrida ini menjadi sangat menarik untuk disaksikan dan menjadi fenomena yang langka. Bahkan, banyak yang menyebutkan jika gerhana matahari yang satu ini merupakan gerhana matahari yang spektakuler dan sangat menarik bagi sebagian orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.