Sukses

Unik Pospam Lebaran di Sukoharjo ini Bertema Tokoh Kartun

Ada yang tak biasa dari pospam di wilayah hukum Polres Sukoharjo. Ya, pospam yang didirikan sejak hari ini itu mengambil tema tokoh kartun. wah rame ya, ada Mario Bross loh.

Liputan6.com, Sukoharjo - Tujuh hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H berbagai persiapan telah dilakukan berbagai pihak untuk menyambut hari kemenangan umat Islam tersebut. Tak terkecuali yang dilakukan oleh Polres Sukoharjo yang sudah mendirikan beberapa titik Pos Pengamanan (pospam).

Jajaran Polres Sukoharjo juga mengecek jalur-jalur yang akan dilalui oleh para pemudikndi wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan memimpin langsung pengecekan dalam rangka persiapan Operasi Ketupat Candi 2023. Untuk menarik perhatian pemudik untuk berisitirahat di pospam Sukoharjo tampak tokoh kartun terpasang di sana.

Kapolres Wahyu menyebut mengecek kesiapan empat Pospam yang didirikan Polres Sukoharjo, yakni di Pospam Simpang Empat Patung Jamu Bulakrejo, Pospam Bundaran Patung Pandawa Solo Baru, Pospam Simpang Tugu Kartasura, dan Pospam Simpang Empat Sanggung.

Menurutnya empat lokasi tersebut diprediksi akan menjadi titik-titik trouble spot dengan tingkat kepadatan kendaraan yang tinggi. Terlebih Simpang Empat Sanggung karena wilayah tersebut merupakan lokasi exit tol saat jalan tol Solo-Jogja akan difungsionalkan pada lebaran 2023 mendatang.

"Hari ini, kita bersama Kasatgas Operasi Ketupat Candi Polres Sukoharjo melaksanakan pengecekan Pospam mudik lebaran. Hasil pengecekan, Pospam secara keseluruhan sudah siap untuk digunakan," kata Kapolres Sukoharjo kepada awak media usai mengecek pospam, Sabtu (15/4/2023).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Empat Titik Blank Spot

Untuk memantau lokasi-lokasi tersebut, Kapolres menambahkan pihaknya masih tetap memberlakukan sistem pemantauan melalui sistem IT atau online di mana kamera online terpasang di beberapa titik di wilayah Sukoharjo.

"Nanti masih akan dilengkapi fasilitas-fasilitas IT yang lain sehingga anggota yang melaksanakan pengamanan juga akan merasa nyaman," ucap dia.

Di sisi lain ada hal menarik di lokasi pospam lebaran tersebut, di mana nampak karakter kartun terpampang di dinding pospam yang didirikan oleh Polres Sukoharjo tersebut.

"Kita desain dengan karakter tokoh-tokoh kartun. Supaya ketika pemudik berhenti anak-anak akan lebih tertarik dengan hal itu dan menjadikan mereka bergembira. Ini upaya untuk menampilkan wajah kepolisian yang lebih humanis," tutur AKBP Wahyu.

Sementara itu, Operasi Ketupat Candi 2023 akan digelar mulai dari 18 April hingga 1 Mei 2023, pihaknya menerjunkan sekitar 700 personel pengamanan.

"Kita perkirakan puncak peningkatan arus akan terjadi pada tanggal 19 dan 20 April 2023. Selama libur Lebaran arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar. Sehingga para pengguna jalan dapat terlayani dengan nyaman," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.