Sukses

Simak 5 Tips Mudik Lebaran Agar Terhindar dari Stres

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, salah satu hal yang ramai menjadi perbincangan masyarakat adalah perihal mudik.

Liputan6.com, Bandung - Mendekati Hari Raya Idul Fitri 2023, salah satu hal yang ramai menjadi perbincangan masyarakat adalah perihal mudik. Mudik sendiri merupakan kegiatan ketika seseorang atau suatu keluarga melakukan perjalanan pulang kampung ke daerah asalnya.

Biasanya kegiatan mudik dilakukan ketika bulan Ramadan beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan. Karena momen mudik ini menjadi momen perjalanan jauh agar bisa melaksanakan hari raya di kampung halaman dan bertemu dengan keluarga besar.

Di Indonesia, ada banyak persiapan yang dilakukan menjelang momen mudik Lebaran. Mulai dari membeli tiket keberangkatan hingga mempersiapkan kendaraan untuk bepergian jarak jauh.

Sementara itu, pihak kepolisian Indonesia membuat persiapan jalur-jalur khusus agar ketika momen mudik tidak terjadi kemacetan di jalanan. Sebagai orang yang melaksanakan mudik pun perlu mempersiapkan diri agar tidak mengalami stres di jalan.

Berikut ini adalah lima tips mudik agar perjalanan mudikmu tidak membuat stres dan mengganggu kondisi mental saat di perjalanan menuju kampung halaman:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tipsnya

1. Persiapkan diri dengan barang bawaan yang penting

Hal pertama yang harus dipersiapkan ketika mudik perjalanan jauh adalah membawa barang-barang penting yang selalu dibutuhkan. Misalnya saja jika mempunyai penyakit tertentu bawa selalu obat-obatan penting terutama yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

2. Buat diri menjadi nyaman selama perjalanan jauh

Ketika melakukan perjalanan membuat diri sendiri menjadi nyaman adalah hal yang penting untuk dilakukan. Misalnya membuat bantalan leher jika tertidur di dalam kendaraan ataupun buat posisi duduk dengan nyaman agar tidak menimbulkan rasa stres

3. Persiapkan camilan

Camilan adalah salah satu makanan yang biasanya bisa meredakan stres terutama ketika dihadapi dengan kemacetan. Kamu bisa mempersiapkan camilan dan minuman yang cukup untuk berjaga-jaga jika terjadi kemacetan dan kamu merasa lapar.

4. Berbincang bersama anggota keluarga

Agar perjalanan bisa lebih menyenangkan kamu juga bisa berbincang-bincang dengan anggota keluarga yang ada di dalam kendaraan. Adapun ketika kemacetan melanda bisa saling bercerita ataupun berbagi pengalaman baru.

5. Mencari hiburan yang disukai

Tips terakhir ketika mudik adalah membawa sesuatu yang menjadi hiburan untuk diperjalanan. Misalnya mengunduh film yang disukai untuk ditonton ketika di perjalanan atau memainkan musik kesukaan didalam mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.