Sukses

Bakal Jadi 'Sister City', Berikut 5 Bidang Kerja Sama Kota Bandung dan Melbourne

Kerja sama antara Kota Bandung dan Kota Melbourne tersebut di antaranya menyangkut soal kota layak anak.

Liputan6.com, Bandung - Kota Bandung dan Kota Melbourne, Australia, dikabarkan bakal menjalin kerja sama sebagai Sister City. Kerja sama tersebut menyangkut 5 bidang yakni Kota pintar, ekonomi dan perdagangan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, kota layak anak dan perusahaan perintis atau startup.

Rencana tersebut telah resmi disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung. Persetujuan itu dilakukan pada Sidang Paripurna DPRD Kota Bandung di Gedung DPRD Kota Bandung, Kamis, 30 Maret 2023.

Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung, Rizal Khairul mengatakan, berdasarkan ketentuan pasal 30 ayat 1 dan 2 Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2018 secara garis besar menyebutkan bahwa kerja sama daerah dengan pemerintah daerah di luar negeri harus memperoleh persetujuan dewan perwakilan rakyat daerah untuk proses penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

"Sesuai hasil rapat, pada prinsipnya komisi A mendukung dan menyetujui kerja sama tersebut," dikutip Liputan6.com lewat keterangan tertulis.

Sementara, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap kerja sama yang akan dijalin dengan Kota Melbourne bakal memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

"Semoga kerja sama yang akan kita jalin nanti akan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat terutama pada lima bidang tersebut," kata Yana.

Sebelumnya, pada 10 Mei 2019 lalu telah ditandatangani draf Letter of Intent (Lol) rencana kerja sama antara pemerintah Kota Bandung dengan Kota Melbourne.

Lalu dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Kerjasama atau Term of Reference dan Plan of Action yang menggambarkan maksud dan tujuan kerja sama serta manfaat yang diperoleh.

Selanjutnya, ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) kedua kota sebagai bentuk komitmen kerja sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.