Sukses

Sering Dianggap Mistis, Ini Dia Fakta di Balik Lagu Lingsir Wengi

Lagu Lingsir Wengi pernah digunakan dalam salah satu film horor Indonesia, yaitu Kuntilanak pada 2006 lalu. Bahkan lagu yang satu ini juga sempat diangkat dalam film karya Rizal Mantovani berjudul Tembang Lingsir.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan lagu Lingsir Wengi? Lagu yang satu ini selalu diidentikan dengan dunia mistis. Tapi benarkah seperti itu? Yuk, simak fakta sebenarnya.

Lagu Lingsir Wengi pernah digunakan dalam salah satu film horor Indonesia, yaitu Kuntilanak pada 2006 lalu. Bahkan lagu yang satu ini juga sempat diangkat dalam film karya Rizal Mantovani berjudul Tembang Lingsir.

Nuansa mistis dari lagu Lingsir Wengi memang tidak lepas dari mitos. Menurut mitos Jawa, lagu ini sangat disukai hantu wanita. Tak heran jika Lagu Lingsir Wengi dipercaya bisa dilantunkan untuk memanggil Kuntilanak.

Yang jadi pertanyaan kemudian adalah benarkah lagu Lingsir Wengi digunakan untuk memanggil makhluk halus? 

Berikut adalah beberapa fakta tentang lagu Lingsir Wengi yang dilansir dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Fakta Lagu Lingsir Wengi

1. Diciptakan Sunan Kalijaga

Lingsir Wengi ternyata diciptakan oleh Sunan Kalijaga sekitar tahun 1450 Masehi. Seperti diketahui, selain sebagai Wali, Sunan Kalijaga juga dikenal sebagai budayawan yang kerap memperkenalkan ajaran agama Islam lewat budaya dan tradisi Jawa.

2. Lagu untuk Menolak Bala

Sunan Kalijaga biasanya mendendangkan tembang Lingsir Wengi selepas solat malam. Artinya, lagi ini merupakan bentuk doa-doa baik yang dilafalkan selepas solat, termasuk menolak bala serta menghindari gangguan jahat para makhluk halus.

3. Perbedaan Interpretasi Makna

Karena adanya interpretasi makna, khususnya di film horor, maka image lagu Lingsir Wengi pun berubah menjadi menyeramkan. Jadi sering digunakan di beberapa film horor.

Selain film Kuntilanak yang dibintangi Julie Estelle pada 2006 lalu, lagu ini juga digunakan dalam film The Doll 2 dan Tembang Lingsir.

4. Seram Karena Tidak Mengerti Makna Lirik

Karena dilantunkan dengan menggunakan Bahasa Jawa, maka tidak banyak yang memahami makna dari liriknya. Apalagi, lagu ini juga diiringi dengan gamelan dan menggunakan pakem Durma dari gending Jawa yang punya alunan lagunya terkesan suram dan menyayat hati. 

Tidak heran jika kemudian banyak yang menggapnya menyeramkan.

5. Lagu Pengantar Tidur

Selain disenandungkan selepas solat malam, dulu lagu Lingsir Wengi juga digunakan para ibu sebagai pengantar tidur untuk anak-anaknya.

Dengan irama yang mendayu, serta lirik penuh harapan, hingga terasa pas digunakan untuk menidurkan anaknya.

Nah itu dia beberapa fakta tentang lagu Lingsir Wengi yang kini banyak digunakan dalam film horor. Apa kamu masih takut untuk mendengarkan tembang Jawa yang satu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.