Sukses

Intip Aktivitas Ramadan di Masjid Baitul Haq Bonebol, Tadarusan hingga Kajian Kitab Kuning

Puluhan jemaah berbondong-bondong mengunjungi masjid yang ada di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango yang hanya memiliki jarak 100 meter dari Kantor Bupati Bonebol.

Liputan6.com, Gorontalo - Bulan suci Ramadan merupakan momentum yang ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Bahkan, jutaan umat muslim berlomba-lomba melaksanakan serangkaian ibadah pada bulan yang penuh berkah ini.

Seperti yang terlihat di Masjid Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango (Bonebol). Puluhan jemaah berbondong-bondong mengunjungi masjid yang ada di Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), berjarak 100 meter dari Kantor Bupati Bonebol.

Pantauan Liputan6.com, di malam hari warga sekitar melaksanakan salat tarawih hingga witir berjemaah. Termasuk juga Bupati Bonebol, Hamim Pou.

Sekretaris Takmirul Masjid Baitul Haq Islamic Center Bonebol, Ismail Huntua mengatakan, pelaksanaan salat tarawih di tempat tersebut sebanyak 20 rakaat. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk para jamaah sebagian ada juga yang melaksanakan salat tarawih 8 rakaat.

"Jadi tidak dipaksakan untuk salat 20 rakaat. Di masjid ini ada juga yang jamaah melaksanakan 8 rakaat,"ujarnya.

Untuk kegiatan amaliah Ramadan sendiri, Ismail mengungkapkan, ada 5 imam tetap yang dipersiapkan Badan Takmirul Masjid. Imam tersebut dipersiapkan untuk memimpin salat tarawih hingga witir.

"Selain itu, kami juga setiap malam melakukan kegiatan tadarusan dan itu dilaksanakan selama ramadan dan insya allah menargetkan khatam quran sebanyak 2 kali selama Ramadan," ungkap Ismail.

Ismail mengatakan di Masjid tersebut juga setiap hari Senin sampai Kamis akan dilaksanakan kuliah tujuh menit (Kultum) yang melibatkan seluruh pimpinan OPD dan pimpinan lembaga vertikal.

"Kami juga setiap malam Kamis atau Jumat akan mengadakan kajian kitab kuning," tegasnya.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taman Taqwa

Di samping masjid Baitul Haq Islamic Center terdapat Taman Taqwa. Taman ini merupakan tempat yang pas bagi kalian yang ingin menikmati udara segar usai melaksanakan salat subuh.

Memang tidak begitu istimewa, tetapi tempat ini sangat cocok bagi kalian yang hanya ingin sekedar bersantai. Tidak seperti biasanya, saat Ramadan, tempat ini kerap kali dikunjungi banyak orang.

Suasana yang hening kala pagi, membawa kenyamanan tersendiri saat berada di lokasi. Kicauan burung di sekitar seakan membawa kita dalam kedamaian.

Pepohonan rindang yang berjajar rapi di tempat itu, memberikan sensasi udara yang sejuk. Sehingga warga ingin berlama-lama di tempat tersebut.

Tidak hanya itu, para jamaah yang usai melaksanakan salat bisa menyusuri kolam yang ada di sekitar. Pengunjung bisa melihat langsung warna-warni ikan air tawar yang dipelihara oleh pengelola taman.

"Alhamdulillah, setiap kali selesai salat kami tidak lupa untuk bersantai di tempat ini," kata Rezcky Wartabone salah satu pengunjung taman taqwa.

Menurutnya, momen yang paling bagus bersantai di taman ini adalah saat pagi atau sore hari.

"Biasanya kami datang saat pagi usai salat subuh dan usai salat asar," tuturnya.

Tepat di sisi depan kolam, terdapat air mancur besar yang menjadikan kolam ini sangat menarik untuk dikunjungi. Gemericik air pun melengkapi suasana saat berada di lokasi.

"Mulai dari awal Ramadan banyak yang datang, selain menarik dan indah, warga menyukai tempat ini karena gratis untuk pengunjung," kata Ismail pengelola Taman Taqwa.

"Meski tidak dipungut biaya, saya hanya berpesan agar pengunjung tidak mengotori taman itu," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.