Sukses

Aksi Unik Partai di Sulawesi Tenggara, Hambur-Hambur Duit dan Bagi Sembako di Pasar

Istri Ketua Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) di Kendari bagi sembako dan hambur-hambur duit di pasar.

Liputan6.com, Kendari - Istri Ketua Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) di Sulawesi Tenggara, Yulia Rahman Umar Samiun membuat heboh, Rabu (22/3/2023). Dia kembali turun membagi-bagikan ratusan paket sembako ke warga Kota Buabau.

Terdapat 300 kepala keluarga penerima 900 paket beras, minyak dan gula. Mereka berada di tiga kelurahan. Ketiganya yakni, Kelurahan Wangkanapi, Batulo dan lingkungan Palatiga Kelurahan Bukit Wolio.

Sebelumnya, istri Samsu Umar Abdul Samiun itu, terlihat beberapa kali ikut serta dalam aksi hambur uang puluhan juta kepada pedagang di pasar. Aksi ini, dilakukan pada dua tempat di Kota Kendari.

Aksi pertama, dilakukan di pasar Sentral Kota Lama Kendari, Sabtu (26/2/2023). Saat itu, Umar Samiun, bersama beberapa orang, menghamburkan ratusan uang pecahan Rp50 ribu ke arah pedagang. Istrinya, diketahui ikut serta dan dikerumuni pedagang.

Aksi kedua, dilakukan di pasar Anduonohu Kota Kendari, awal Maret 2023. Saat itu, Umar Samiun dan istrinya, tiba-tiba mendatangi pedagang dan menghamburkan uang. Aksi mereka, sontak disambut riuh warga.

Puluhan warga, menyambut aksi mereka dengan sukacita. Pedagang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dewasa serta anak-anak, terlihat ceria saat berebut lembaran uang jatuh.

Yulia Rahman mengatakan, aksinya dilakukan untuk membantu masyarakat menjelang bulan suci Ramadhan. Meskipun dinilai tak besar, namun hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat.

"Kebetulan keluarga lagi ada rejeki, kita berbagi supaya masyarakat sama-sama menyambut bulan suci ramadan dengan senang," ucap Yulia Rahman.

Aksi ini, rencananya akan menyasar seluruh kelurahan di Kota Baubau. Selain sebagai ajang silaturahmi, juga sebagai pengenalan partai PKN.

"Kami akan terus melakukan kegiatan ini, selain meringankan beban orang, ini merupakan bentuk rasa syukur kami terhadap apa yang sudah kami dapatkan selama ini," ujar Ketua Pertiwi Nusantara pusat Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Diketahui, aksi hambur uang ini, kerap dilakukan saat Umar Samiun menjabat sebagai Bupati Buton. Dia juga dikenal loyal dan kerap berbagi kepada warga yang membutuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Senang

Salah seorang warga merasa senang saat tiba-tiba mendapatkan bantuan berupa beras dsan bahan pokok lainnya. Menurutnya, saat Ramadan, banyak pengunjung di pasar berdesak-desakan. Sehingga, mereka tak perlu antri. "Jarang ada yang kasih seperti ini, mudah-mudahan mereka tetap berejeki banyak jadi bisa terus bagi bagi ke warga yang butuh seperti kami, " ujar Ramlan, salah seorang warga.

Sebelumnya, aksi Umar Samiun lempar ratusan lembar duit ke pedagang pasar, juga membuat warga antusias. Salah seorang pedagang mengatakan, dia bisa mendapatkan dua lembar pecahan Rp50 ribu saat berebut dengan warga lainnya.

"Ini untung hampir 1 karung sayur, maunya begini terus setiap hari," ujar Abdan, sambil tertawa.

Seorang bocah berusia 8 tahun juga ikut berebut uang saat Umar Samiun melempar ke arahnya. Dia mendapatkan Rp50 ribu saat berdesakan berusaha menangkap dan memungut uang.

"Kalau Rp50 ribu ini, lima kali memikul tas atau keranjang di pelelangan ikan," ujar La Dedy, salah seorang buruh pikul.

Diketahui, aksi ini sempat membuat macet jalan di depan pasar. ratusan orang bahkan sempayt mengejar Umar Samiun hingga ke kendaraannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.