Sukses

Tanggapan Kajati Riau Soal Istri Sekda Pamer Harta: Kalau Ada Laporan, Ya Diteliti

Keluarga Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto disebut oleh sebuah akun media sosial tengah pamer kekayaan sehingga diminta untuk diusut oleh penegak hukum.

Liputan6.com, Pekanbaru - Keluarga Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto pamer kekayaan tengah menjadi sorotan. Sang istri dan anak dari mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Riau itu menjadi bulan-bulanan warganet karena pamer harta di media sosial.

Istri pejabat pamer harta ini diunggah oleh akun twitter @PartaiSocmed. Meskipun SF Hariyanto sudah memberikan klarifikasi, persoalan ini makin panjang karena ada dalih apa yang dipakai istrinya adalah barang KW atau tiruan.

Terkait ini, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Dr Supardi mengingatkan siapa pun agar tidak vulgar memamerkan harta kekayaan.

"Siapa pun itu," tegas mantan Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung itu.

Terkait istri pejabat pamer harta tersebut, Supardi menyatakan bukan haknya memberi peringatan. "Itu domainnya pimpinan satker masing-masing (gubernur)," jelas Supardi.

Menurut Supardi, kejaksaan bertindak melakukan penyelidikan jika ada peristiwa pendahulunya atau laporan. Dari sana, pihaknya bisa melakukan pendalaman.

"Kalau orang punya harta, praduga tak bersalah, intinya ada peristiwa, kita membuktikan, bukan orang itu yang membuktikan," terang Supardi.

 

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sebagai Pelajaran

Supardi menerangkan, kejaksaan punya pintu masuk kalau ada asbabun nuzul atau laporan ke pihaknya. Kalau tidak ada itu, dia menyebut sama saja dengan menzalimi.

"Kalau ada laporan, ya diteliti, tapi jangan ngarang-ngarang (laporannya)," jelas Supardi.

Adanya kejadian keluarga SF Hariyanto pamer kekayaan menjadi pelajaran bagi semua pihak, khususnya kepada pegawai kejaksaan.

"Jaksa Agung mengingatkan pola hidup, silahkan punya harta, gak usah ditonjolkan karena banyak yang menampilkan di medsos, Kejaksaan Agung sudah mewanti-wanti," tegas Supardi.

Sebelumnya, SF Hariyanto sudah membantah bahwa sejumlah benda yang ditampilkan istrinya di media sosial merupakan barang tiruan KW. Dia menyebut kejadian itu terjadi pada 2017 hingga 2019 atau sebelum dia menjadi Sekda Riau.

SF Hariyanto juga membantah liburan istrinya ke luar negeri menggunakan banyak uang. Dia menyebut perjalanan ke luar negeri itu memakai tiket promo dengan kisaran harga Rp14 juta untuk 7 hari.

SF Hariyanto tak lupa mengingatkan masyarakat bijak terhadap informasi yang beredar di media sosial. Dia meminta masyarakat tidak memperbesar masalah ini karena istrinya baru saja menjalani operasi tulang punggung.

3 dari 4 halaman

Sepeda dan Tas Mahal

Sebagai informasi, pamer kekayaan ini diduga dilakukan istri SF Hariyanto. Unggahan ini ramai pada akhir pekan lalu, persisnya setelah pegawai negeri sipil nomor satu di Bumi Lancang Kuning itu menghimbau jajarannya tak pamer kekayaan di media sosial.

"Piye sih ini ? Suaminya mengingatkan pejabat lain agar tidak hidup mewah, tapi istrinya malah pamer Brompton dan liburan keliling dunia," begitu caption dari akun @PartaiSocmed.

Unggahan ini kemudian diteruskan oleh ratusan warga twitter lainnya. Unggahan ini melampirkan sejumlah foto istri SF Hariyanto, Adrias Hariyanto, tengah memamerkan sepeda Brompton.

Tak hanya satu, ada sejumlah unggahan Adrias menggunakan sepeda yang ditaksir berharga selangit itu. Postingan bersepeda itu dilakukan dengan latar lokasi berbeda pula.

Ada pula postingan Adrias yang sedang duduk santai di kapal dengan latar pemandangan laut. Diduga, foto itu diambil di atas kapal saat Adrias berlibur ke luar negeri.

Postingan di atas kapal itu lengkap sepatu dan tas sebuah merek yang sangat mahal bagi kalangan biasa. Postingan itu lengkap sepatu yang disebut warganet harganya selangit.

Tak cukup di situ, ada juga postingan Adrias dengan latar bangunan-bangunan tua di luar negeri. Outfit Adrias menjadi perhatian karena dinilai punya harga tak biasa.

 

 

4 dari 4 halaman

Kunci Akun

Beberapa postingan Adrias di lorong hotel juga menjadi sorotan. Selain pakaian, tas yang digunakan oleh istri sang pejabat juga punya harga tak membumi.

Selain itu, ada pula postingan di restoran milik Salt Bae. Memang dalam postingan itu tidak tampak wajah Adrias karena hanya mengunggah sejumlah bule lagi makan.

Akun Instagram Adrias sendiri tidak bisa lagi diakses semua kalangan. Pemilik akun menerapkan privasi sehingga untuk melihatnya harus mendapat persetujuan atau berteman lebih dahulu.

Tak hanya itu, dalam akun bersifat privat itu tidak banyak lagi postingan. Diduga pemilik akun telah menghapus agar tidak menjadi perdebatan atau memancing komentar warganet.

Meskipun dikunci, akun Twitter @PartaiSocmed sudah memposting sejumlah foto istri Sekretaris Daerah Provinsi Riau itu, mulai dari postingan menggandeng tas merek Hermes dan sejumlah tas yang termasuk barang mewah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.