Sukses

Kepala Kantor Pertanahan Jaktim Sudarman Harjasaputra Dipanggil Menteri ATR/BPN Buntut Gaya Hidup Mewah Istri

Gaya hidup mewah di lingkungan pejabat pemerintah saat ini tengah menjadi perhatian masyarakat banyak. Terutama setelah kasus pejabat pajak yang sebelumnya ramai dibahas oleh publik.

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup mewah di lingkungan pejabat pemerintah saat ini tengah menjadi perhatian masyarakat banyak. Terutama setelah kasus pejabat pajak yang sebelumnya ramai dibahas oleh publik.

Baru-baru ini, gaya hidup mewah terlihat dari istri Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Timur Sudarman Harjasaputra. Bahkan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan untuk mengklarifikasi sorotan tersebut.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nurmawati mengatakan, bahwa pemanggilan tersebut dilaksanakan pada Jumat (10/3/2023) lalu. Pemanggilan itu untuk mendalami terkait gaya hidup mewah istrinya.

"Sejauh ini sudah kita mintai klarifikasi dan sekarang masih pendalaman. Nanti hasilnya kita sampaikan. Sekarang baru minta klarifikasi apakah itu istri beliau, pekerjaannya apa dan sebagainya. Tetapi untuk lebih dalam, sedang dilakukan pendalaman, sedang berproses baru Jumat kemarin," ujarnya belum lama ini.

Selain itu, Yulia juga mengatakan bahwa pemeriksaan tersebut masih akan berlanjut pada hari berikutnya. Namun, tidak dijelaskan dengan rinci pada hari apa pihaknya akan kembali meminta klarifikasi tersebut.

"Itu berlanjut, kan hari Jumat sudah dipanggil, nanti berlanjut. Nah itu berlanjut apakah hari Senin, apa hari apa jadwalnya, nanti saya update. Nanti hasilnya apa nanti saya rilis," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awal Mula

Kabar gaya mewah istri dari Kepala BPN Jakarta Timur ini berasal dari unggahan di media sosial. Hal yang menjadi sorotan adalah gaya hedon dari sang istri yang terlihat sangat mewah.

Setelah dipelajari ternyata tas yg dipakai isterinya Sudarman Harja Saputra, Kepala Kantor Pertanahan Jaktim ini bukan sembarang Hermes tapi model Hermes Birkin Sellier yg harga barunya bisa mencapai setengah milyar! Coba bandingkan dgn harga rumah KPR-mu,” tulis akun Twitter @PartaiSocmed.

Alhasil, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto pun mengetahui hal tersebut. Ia pun langsung menindak dengan melakukan pemanggilan dan meminta klarifikasi kepada Sudarman.

"Bapak Menteri ATR/Kepala BPN sudah memberi arahan internal agar Inspektur Jenderal dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta memanggil yang bersangkutan untuk selanjutnya dimintai klarifikasi," ujar Yulia.

3 dari 3 halaman

Harta Sudarman Harjasaputra di LHKPN

Melansir laman elhkpn.kpk.go.id, Sudarman Harjasaputra tercatat memiliki total kekayaan senilai Rp. 14.765.037.598 atau Rp. 14,7 miliar.

Harta tersebut dilaporkan Sudarman pada 29 Maret 2022 saat dia menjabat sebagai Kuasa Pengguna Anggaran Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Kantor Pertahanan Jaktim itu tercatat memiliki aset tanah dan bangunan senilai Rp13.997.511.000 yang tersebar di Jakarta Selatan, Ciamis, Malang, Bogor, Tangerang Selatan, hingga Garut.

Selain itu, Sudarman Harjasaputra juga tercatat memiliki kendaraan dengan nilai total Rp438 juta, mencakup motor Piagio Vespa Primavera keluaran tahun 2014  seharga Rp18 juta dan mobil bermerek Mazda CX5 keluaran tahun 2017 seharga Rp420 juta.

Adapun harta bergerak lainnya senilai Rp600 juta, juga kas dan setara kas lainnya sebesar Rp. 249.526.598. Totalnya senilai Rp15.285.037.598. Namun, LHKPN juga mencatat bahwa Kepala BPN Jaktim Sudarman Harjasaputra memiliki utang sebesar Rp520 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.