Sukses

6 Kuliner Lampung yang Unik dan Menarik untuk Dicicipi

Berikut beragam kuliner Lampung yang unik dan menarik untuk dicicipi.

Liputan6.com, Lampung - Lampung terkenal dengan keberadaan Taman Nasional Way Kambas yang menjadi habitat para gajah Sumatra. Namun, tidak hanya pesona wisata Way Kambas, provinsi yang terletak di ujung Selatan Pulau Sumatra ini ternyata memiliki beragam makanan khas yang unik.

Terkenal akan olahan kopi dan keripik pisang, ada beragam makanan khas Lampung yang menarik dan unik untuk dicicipi saat menyinggahi daerah ini. Dikutip dari laman lampungtengahkab.go.id, berikut beragam kuliner Lampung yang unik dan menarik untuk dicicipi.

1. Seruit

Seruit merupakan makanan khas Lampung yang selalu hadir dalam perayaan besar, seperti pesta pernikahan maupun upacara adat lainnya. Kuliner ini terbuat dari ikan yang dibakar, lalu dicampur dengan berbagai macam bumbu.

Ikan yang digunakan sebagai bahan dasar makanan ini adalah ikan air tawar seperti, belida, baung lais mas, atau patin. Umumnya, seporsi seruit disajikan bersama nasi hantar.

2. Gulai Balak

Gulai balak merupakan salah satu kuliner pedas khas Lampung. Makanan khas Lampung ini dibuat dari campuran santan kelapa, cabai, dan daging sapi sapi atau kambing.

Ciri khas gulai balak terletak pada cita rasanya yang sangat khas dari bumbu yang digunakan. Campuran kapulaga, pekak, biji pala, cengkeh dan aneka bawang-bawangan, menjadikan cita rasa kuliner khas ini pedas dan harum sekaligus.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gulai Tempoyak

3. Gulai Tempoyak

Gulai tempoyak juga menjadi salah satu makanan khas Lampung yang dibuat dari daging durian matang. Dagign durian diberi sedikit garam dan difermentasi dalam wadah kedap udara selama 3 hari.

Sensasi asam dan pedas dari tempoyak ini bisa diolah dengan menjadi sajian gulai. Sajian gulai yang umum di Lampung adalah dibuat dengan ikan patin.

Bumbu yang dicampurkan juga terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai serta kunyit yang sudah dibakar.

4. Gabing

Gabing merupakan makanan khas Lampung yang terdiri dari batang kelapa muda yang dipotong dan direbus.Gabing sering dimasak dengan campuran santan, sehingga rasanya gurih.

Terkadang sajian kuliner ini juga ditambah dengan potongan dagng untuk menambah cita rasa.

5. Umbu

Umbu adalah rotan muda yang direbus hingga teksturnya empuk. Rasa umbu ini mirip seperti pare karena pahit.

Makanan khas Lampung ini sering diolah menjadi tumisan maupun sebagai lalapan.

6. Kue Maksuba

Makanan khas Lampung bercita rasa manis selanjutnya adalah kue maksuba. Meskipun kue ini banyak juga ditemui di Palembang, akan tetapi maksuba juga sangat populer di Lampung.

Kue ini terbuat dari adonan gula pasir, mentega, vanili dan susu kental manis. Teksturnya manis dan lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.