Sukses

Saran Sri Sultan HB X ke Kapolri Terkait Kamtibmas, Apa Saja? 

Kamtibmas menjadi poin penting bagi Kapolri saat bertemu dengan Sultan HB X. Menurut Kapolri, Ia perlu masukan dari tokoh seperti Sultan HB X dalam menangani isu Kamtibmas.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk membahas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Sigit mengaku meminta masukan dari raja keraton Yogyakarta ini agar dapat mengatasi situasi-situasi yang dimungkinkan mengancam Kamtibmas.

“Tentunya bicara-bicara harian terkait dengan situasi Kamtibmas. Kami dari Polri perlu mengambil langkah-langkah dan masukan-masukan terkait situasi-situasi dan tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh Polri sebagai pelindung dan pengayom masyarakat dan mendukung Kamtibmas dan lainnya. Hal-hal itu yang kami diskusikan dan minta masukan-masukan beliau (Sri Sultan),” papar Listyo Sigit di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta Jumat 3 Maret 2023.

Menurut Sri Sultan, saat ini permasalahan Kamtibmas memang menjadi permasalahan global di Indonesia. Sehingga penting diperlukan diskusi tidak hanya di ranah pusat, tapi diperlukan masukan-masukan dari daerah, termasuk DIY. 

“Kebetulan Kapolda saya sregep dialog di kalurahan-kalurahan juga," katanya.

Soal Kamtibmas Sultan mengaku DIY memiliki Jaga Warga, yang bisa menjadi bagian penting bagi penjagaan keamanan dari desa. Namun penting keterlibatan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas.

"Jadi harapan saya kekerasan sudah berkurang, biarpun ada yang terakhir di titik nol itu,” ujar Sri Sultan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.