Sukses

Sudah Jadi Langganan, Berikut Daftar 5 Peraih Caps Terbanyak Timnas Indonesia Sepanjang Masa

Dalam dunia olahraga, menjadi bagian dari skuad tim nasional (timnas) merupakan impian semua pemain. Tak terkecuali dalam sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam olahraga, menjadi bagian dari skuad tim nasional (timnas) merupakan impian semua pemain. Tak terkecuali dalam dunia sepak bola.

Akan tetapi, untuk masuk menjadi bagian dari skuad timnas tidaklah mudah. Perlu effort yang cukup banyak serta skill yang mumpuni untuk dipanggil memperkuat timnas.

Terlebih di Indonesia, banyaknya pemain yang berbakat, tentunya bukanlah hal yang mudah untuk masuk bagian dari skuad Garuda Nusantara itu. Apalagi sampai mendapat caps (pertandingan) yang banyak.

Beda halnya dengan para pemain ini. Mereka mendapat pemegang caps terbanyak sepanjang perjalanan Timnas Indonesia.

Indonesia mempunyai tradisi sepak bola yang cukup kuat. Bukan hanya pada level klub, akan tetapi juga tim nasional. Meskipun sampai saat ini masih sedikit gelar juara yang sudah dikantongi.

Timnas Inggris yang bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dihuni oleh pesepak bola mentereng. Mereka juga memiliki kualitas mumpuni hingga menjadi andalan pada masanya.

Oleh karena itu, tidak sedikit pemain yang ingin menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Tidak terkecuali dengan yang ingin berpindah negara atau naturalisasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deretan Pemain

Lantas, siapa saja pemain yang mencatat caps terbanyak? Berikut empat pemain dengan raihan caps terbanyak bersama Timnas Indonesia:

1. Jacob Sihasale

Pemain asal ambon ini membela Timnas Indonesia pada era 1960-1970-an. Hal itu terbukti dengan mengoleksi 70 caps dan mencatatkan 23 gol.

2. Kainun Waskito

Kainun Waskito tercatat bermain dari rentan waktu 1967 hingga 1977. Selama rentan waktu itu Kainun Waskito sukses mengumpulkan 80 caps dan berhasil mencetak 31 gol.

3. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas atau biasa dipanggil BP, jadi andalan Timnas Indonesia sejak tahun 1999 hingga 2012. Dia menghasilkan 87 caps dengan perolehan 38 gol.

4. Iswadi Idris

Idris berposisi sebagai gelandang berhasil menorehkan 97 pertandingan dalam jangka waktu 12 tahun memperkuat Timnas Indonesia. Karirnya bersama timnas dimulai sejak 1968 hingga 1980.

5. Abdul Kadir

Pemain yang berstatus sebagai peraih caps terbanyak bersama Timnas Indonesia ialah Abdul Kadir. Dari periode 1967 hingga 1979 ia mengoleksi 111 penampilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.