Sukses

Kentrung hingga Sapi Sonok, Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Asal Jawa Timur

Provinsi dengan penduduk terbanyak kedua setelah Jawa Barat ini memiliki ragam wisata yang bisa dinikmati saat berlibur bersama keluarga

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang padat penduduk. Memiliki luas 47.922 km2, Jawa Timur merupakan wilayah terluas diantara 6 provinsi lain di Pulau Jawa.

Provinsi terbanyak kedua setelah Jawa Barat ini memiliki ragam wisata yang bisa dinikmati saat berlibur. Termasuk warisan kuliner dan budaya Jawa Timur yang masih dilestarikan penduduk setempat.

Berikut ini adalah 5 warisan budaya tak benda yang dimiliki oleh Jawa Timur dan sudah tercatat di laman kemdikbudristek:

Reog Ponorogo

Seni pertunjukan Reog Ponorogo adalah salah satu tradisi dan warisan budaya tak benda masyarakat Ponorogo yang masih ada dan lestari sampai sekarang.

Kesenian ini dulunya benama “Borongan”. Ki Ageng Suryongalam adalah nama dari seorang yang membawa kesenian ini ke Ponorogo. Maka dari itu, rasanya Reog Ponorogo ini masih ada sentuhan Balinya.

Kerraben Sape (karapan sapi)

Karapan Sapi atau dalam Maduranya Kerrabhan Saape ini adalah tradisi dari masyarakat Madura. Tradisi ini merupakan perlombaan pacuan sapi.

Namun tidak hanya sebagai ajang perlombaan, tradisi ini juga menjadi ajang pesta rakyat dan acara yang prestisius bagi masyarakat Madura. Bahkan, kejuaraan dari sapi kerapan ini dapat mengangkat status sosial si empunya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sapi Sonok

Sapi Sonok juga termsuk dari seni pertunjukan yang berasal dari Madura. Tradisi ini merupakan jenis karapan sapi juga, hanya saja dikhususkan untuk sapi yang berjenis kelamin betina dan yang dilombakan bukan pacuannya tetapi keindahan sapi ketika berjalan dan berpakaian.

Pencetus pertama dari tradisi ini adalah masyarkat Batu Kerbui yang berada di Pesisir Utara Pamekassan.

Gandrung Banyuwangi

Gandrung Banyuwangi adalah seni pertunjukan tari yang menjadi salah satu bentuk ikon dari daerah Banyuwangi. Tari Gandrung Banyuwangi ini biasanya dilakukan dalam berbagai acara syukuran, seperti menyambut musim panen raya, resepsi pernikahan, atau khitanan.

Tapi sebenarnya Tari Gandrung Banyuwangi ini pada awalnya dibawakan sebagai wujud rasa syukur masyarakat pasca panen raya.

Kentrung

Kentrung adalah kesenian rakyat daerah yang berasal dari Tuban, Jawa Timur. Kesenian ini aadlah seni tradisional sastra lisan atau seni tutur yang diiringi dengan tabuhan terbangan atau kendang dengan berbagai ukuran.

Dilansir dari berbagai sumber kesenian ini muncul pada zaman Wali Songo, dan dalam pementasannya seni bertutur kentrung ini berisi tentang babad tanah jawa, sejarah masa lalu pada masa kerajaan, terutama kerajaan islam di tanah jawa, juga kisah para nabi.Itulah kelima tradisi warisan budaya tak benda yang berasal dari jawa timur.

 

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.