Sukses

Anak Harimau Ditemukan Tewas Usai Terkam Ternak Warga, Diracun?

Seekor anak harimau ditemukan tewas tidak lama setelah diduga menerkam tiga ekor kambing milik warga di Aceh.

Liputan6.com, Aceh - Seekor anak Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) dilaporkan mati di kawasan kebun Gampong Peunaron, Kecamatan Peunaron, Aceh Timur, Rabu (22/02/2023). Hewan tersebut diduga mati karena keracunan.

Penemuan bangkai anak harimau ini berawal saat tim gabungan terdiri dari polisi, tentara, dan anggota Forum Konservasi Leuser (FKL) melakukan pengecekan terhadap bangkai empat ekor kambing milik warga bernama Syahril (32), yang diduga mati karena diterkam harimau.

Sebelumnya, ditemukan bangkai seekor kambing di samping kandangnya sendiri. Lalu ditemukan lagi dua ekor kambing mati dalam kondisi badan terkoyak di jalan menuju ke ladang. 

Menurut Kasatreskrim AKP Arif Sukmo Wibowo, bangkai-bangkai kambing itu berniat dikuburkan tetapi tim yang sedang menyisir lokasi menemukan sebuah karung berisi racun. Jenis racun tersebut dikonfirmasi sebagai insektisida.

"Tim kemudian melakukan penyisiran lebih lanjut dan ditemukan seekor anak harimau dalam kondisi mati. Diduga anak harimau tersebut keracunan,” kata Arif, dalam keterangan diterima Liputan6.com, Kamis siang (23/2/2023).

Kepolisian telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh. Mereka juga sedang melakukan penyelidikan terkait tewasnya harimau anak ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan BKSDA

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Aceh Kamarudzaman yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu, mengatakan lokasi harimau mati tersebut berada di Dusun Krueng Baung, Desa Peunaron Lama, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur.

"Belum diketahui penyebab kematian harimau tersebut. Begitu juga dengan jenis kelamin dan usia harimau itu, belum bisa dipastikan secara detail," kata Kamarudzaman.

Ia mengatakan harimau mati tersebut ditemukan pada Selasa (21/2). Dari pengecekan awal di lapangan, di sekitar harimau tersebut ditemukan tiga ekor kambing dalam kondisi mati.

"Bangkai dua ekor kambing tersebut ditemukan tidak jauh dari posisi harimau mati tersebut. Sedangkan bangkai kambing seekor lainnya di temukan dalam kandang," kata Kamarudzaman.

Kamarudzaman mengatakan tim dokter hewan BKSDA sudah bergerak menuju lokasi temuan harimau mati tersebut. Begitu juga dengan polisi, sudah memasang pita garis polisi guna mencegah masyarakat mendekati lokasi temuan bangkai harimau tersebut.

"Kami belum bisa menyebutkan apa penyebab kematian harimau tersebut. Tim dokter hewan masih melakukan nekropsi atau bedah bangkai harimau tersebut," kata Kamarudzaman

Harimau sumatra merupakan satwa dilindungi di Indonesia. Berdasarkan daftar satwa lembaga konservasi internasional, IUCN, menyebutkan harimau sumatra hanya ditemukan di Pulau Sumatra yang berstatus kritis dan berisiko punah di alam liar.

BKSDA Aceh mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian khususnya harimau sumatra dengan cara tidak merusak hutan yang merupakan habitat berbagai jenis satwa.

Serta, tidak menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup ataupun mati.

Kemudian, tidak memasang jerat, racun, pagar listrik tegangan tinggi yang dapat menyebabkan kematian satwa liar dilindungi. Semua perbuatan ilegal tersebut dikenakan sanksi pidana sesuai peraturan perundang-undangan.

Di samping itu, aktivitas ilegal lainnya juga dapat menyebabkan konflik satwa liar khususnya harimau sumatra dengan manusia. Konflik ini berakibat kerugian secara ekonomi hingga korban jiwa, baik manusia maupun keberlangsungan hidup satwa liar tersebut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini