Sukses

Sensasi Menyelam di Jalur Aliran Lava Gunung Berapi Banda Neira

Lava Flow berada di sebelah utara Gunung Api Banda atau sekitar 25 menit dari Banda Neira.

Liputan6.com, Maluku - Banda Neira menjadi salah satu destinasi wisata populer di Maluku Tengah. Jajaran kepulauan Banda ini dikenal memiliki keindahan bawah laut yang diakui dunia internasional.

Salah satu tempat menyelam yang memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa adalah Lava Flow. Lava Flow menjadi salah satu tempat snorkeling atau menyelam di Kepulauan Banda yang menyuguhkan biota laut yang menakjubkan.

Lava Flow berada di sebelah utara Gunung Api Banda atau sekitar 25 menit dari Banda Neira. Lava Flow berasal dari aliran gunung api yang meletus pada 1988.

Saat itu, dasar perairan tempat penyelaman ini ditutup dengan lava. Meski banyak terumbu karang yang rusak, terumbu karang mulai tumbuh di lahar yang dingin hingga kini.

Wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Lava Flow yang terkenal ini dapat memulai perjalanan dengan perahu. Wisatawan dapat meiliki untuk melakukan snorkeling, diving, atau pun try scuba di kawasan Lava Flow.

Pasalnya kawasan wisatawa bahari ini memiliki kedalalam yang cukup beragam. Mulai dari 1 hingga puluhan meter.

Biasanya snorkeling dilakukan di permukaan air dengan kedalaman 1-3 meter saja, sehingga seseorang tidak harus bisa berenang untuk melakukan snorkeling karena ada bantuan pelampung. Sedangkan diving biasanya dilakukan di kedalaman 10 meter lebih, dengan bantuan tabung udara.

Oleh karena itu, wisatawan juga sudah harus menguasai teknik menyelam, bahkan memiliki lisensi. Sementara itu, ada pilihan lain yaitu try scuba, sarana memperkenalkan olahraga menyelam (diving) kepada mereka yang belum memiliki lisensi menyelam.

Namun tenang, para wisatawan akan ditemani pemandu khusus apabila tertarik untuk mencoba menyelam di kawasan Lava Flow. Sedangkan untuk wisatawan belum ahli menyelam atau snorkeling disarankan untuk menggunakan pelampung.

Wisatawan dapat menyaksikan keindahan bawah air yang luar biasa, karena di dalam laut terdapat taman terumbu karang, habitat bagi jutaan ikan berwarna-warni. Terumbu karangnya berukuran besar-besar dan hampir menutupi seluruh area Lava Flow yang memiliki kedalaman lebih kurang 27 meter.

Area Lava Flow benar-benar dapat membuat wisatawan berdecak kagum. Meski tidak menyelam sangat dalam, terumbu karang di tempat ini terlihat sangat indah dan asri.

Beragam biota alam seperti Hammerhead Shark, Lion Fish, serta ikan-ikan lainnya juga bisa ditemukan di Lava Flow. Agar dapat menikmati sensasi menyelam di Lava Flow, wisatawan harus merogoh kocek Rp 200.000 hingga 1 jutaan.

Biaya ini sudah termasuk peralatan lengkap seperti masker, kaki katak, tabung udara, dan lain-lain.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.