Sukses

Jubir JK Klarifikasi Terkait Perjalanan Helikopter Kapolda Jambi, Bukan Tugas Pengamanan

Juru bicara Jusuf Kalla (Jubir JK), Husain Abdullah mengklarifikasi terkait perjalanan helikopter Kapolda Jambi bukan untuk tugas pengamanan Wakil Presiden ke-10 dan 12 Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara Jusuf Kalla (Jubir JK), Husain Abdullah mengklarifikasi terkait perjalanan helikopter Kapolda Jambi bukan untuk tugas pengamanan Wakil Presiden ke-10 dan 12 Indonesia.

 

Melainkan, dalam kapasitas sebagai tamu undangan dan secara langsung diundang oleh Jusuf Kalla.

"Pak JK memang melakukan kunjungan ke PLTA Kerinci di Jambi. Untuk itu mengundang Gubernur Jambi dan Kapolda setempat untuk bersama-sama meninjau, karena PLTA proyek strategis nasional," ujar Husain Abdullah, dilansir dari Antara pada Senin (20/2/2023).

Ia menuturkan bahwa pemerintah berharap proyek energi terbarukan tersebut dapat segera terselesaikan. Karena, harus adanya percepatan dalam pasokan energi terbarukan yang sangat dibutuhkan.

Selain itu, Husain juga menyampaikan hal tersebut menanggapi informasi yang mengaitkan perjalanan Kaploda Jambi, Irjen Rusdi Hartono beserta rombongannya pada Minggu kemarin yang datang untuk tugas pengamanan JK.

Jubir JK itu menjelaskan terkait pengamanan JK baik di dalam mapuan di luar negeri merupakan tanggung jawab Paspampres.

"Adapun kaitannya dengan institusi lain termasuk kepolisian atau TNI biasanya bersifat koordinasi saja," katanya.

Dengan itu, ia meluruskan terkait perjalanan helikopter Kapolda Jambi dalam kapasitas sebagai undangan JK bukan pengamanan.

"Untuk pengamanan Pak JK baik di dalam maupun di luar negeri berada dalam otoritas Paspampres grup D. Adapun institusi lain biasanya hanya bersifat koordinasi saja, tidak ada korelasi langsung dengan kedatangan JK hari ini di Kerinci," dia memungkasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peresmian Sentra Pelayanan Polres Kerinci

Selain itu, Husein juga menjelaskan bahwa perjalanan Kapolda Jambi beserta rombongan dalam rangka peresmian Sentra Pelayanan Polres Kerinci.

"Kebetulan di saat yang sama Kapolda Jambi akan meresmikan Sentra Pelayanan Terpadu Polres Kerinci. Sebagai pejabat Kapolda yang baru, beliau sekalian rencana menghadiri undangan tersebut menyertai Gubernur Jambi ke PLTA Kerinci," ujarnya.Bahkan Husain juga menerangkan jika kedatangan Kapolda Jambi dijadwalkan Senin sekarang. Tapi Kapolda Jambi memilih untuk berangkat sendiri karena ada kegiatan lain.

Atas musibah yang menimpa Kapolda Jambi, yakni kecelakaan helikopter di Hutan Kerinci, Husain mewakili JK mengungkapkan rasa prihatin dan berharap semua korban dapat segera pulih kembali.

"Pak JK menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas musibah tersebut. Dan berharap semua korban segera pulih serta kembali beraktivitas," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.