Sukses

Kemenkumham Babel Gelar Rakor Sinergi Pembangunan Hukum dan Hak Asasi Manusia

Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin melakukan rapat koordinasi sinergitas pembangunan hukum dan hak asasi manusia yang digelar oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung, di Soll Marina Hotel Pangkalpinang, Rabu (15/2/2023).

Liputan6.com, Bangka Belitung - Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin melakukan rapat koordinasi sinergitas pembangunan hukum dan hak asasi manusia yang digelar oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), di Soll Marina Hotel Pangkalpinang, Rabu (15/2/2023).

Dalam sambutannya, Ridwan Djamaluddin berharap Kakanwil Kemenkumham Babel dapat membantu memberikan informasi kepada pelaksana di Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, agar dapat meningkatkan kegiatan pembangunan termasuk pelayanan hukum sesuai dengan tata cara.

"Mari kita bangun hukum dan kesadaran hukum masyarakat dengan visi yang sama bahwa hukum ini kita tegakkan sebagai upaya menata kehidupan masyarakat agar semakin lama semakin sejahtera,” ucap Ridwan.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung Harun Sulianto mengatakan bahwa tujuan dari Rapat Koordinasi ini yakni terwujudnya produk hukum daerah yang efektif. Dirinya, juga mengajak para pelaku usaha untuk mendaftarkan kekayaan intelektualnya agar memeproleh perlindungan hukum.

"Sebanyak 189.971 UMKM, namun hanya 194 yang melakukan pendaftaran merek, 368 pendaftaran hak cipta, dan 4 pendaftaran paten," ungkap Harun.

Dalam kesempatan tersebut hadir Bupati Belitung Timur, Burhanudin. Dirinya didapuk sebagai narasumber karena menerima penghargaan selama 6 tahun berturut-turut terkait wilayah Kabupaten/Kota yang peduli mengenai hak asasi manusia dan pencatatan Kekayaan intelektual Komunal terbanyak dalam tahun 2022.

Tak hanya itu, penghargaan juga diberikan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bangka atas Pengelolaan Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum (JDIH). Serta kepada Pemda Belitung atas Peduli Peningkatan dan Pembentukan Desa Sadar Hukum.

Selain itu, Pemda Bangka Barat juga mendapatkan penghargaan karena memberikan dukungan aktif sebagai anggota Tim Pengawasan Orang Asing. Serta kepada Abdul Rachim dan Zulfiandi atas inisiator pendaftaran Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) di Kabupaten Bekitung Timur.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.