Sukses

Mantan Wakil Ketua DPR Zaenal Ma’arif Meninggal Dunia di Usia 67 Tahun

Mantan Wakil Ketua DPR RI Zaenal Ma'arif meninggal dunia pada Rabu (15/2/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Ketua DPR RI Zaenal Ma'arif meninggal dunia pada Rabu (15/2/2023). Zaenal Ma’arif tutup usia pada 67 tahun akibat penyakit yang dideritanya selama beberapa waktu terakhir.

Istri Zaenal, Rohana mengatakan, suaminya meninggal usai sempat menjalani perawatan di dua rumah sakit yang berbeda. Setelah sempat dirawat di RS PKU Muhammadiyah Surakarta kemudian dipindahkan ke RSUD Dr Moewardi, Zaenal akhirnya meninggal dunia pada Rabu (15/2/2023) pada pukul 22.00 WIB.

“Pertama di RS PKU lima hari, kemudian harus ada tindakan di otak. Perawatan kurang ada di PKU terus dipindah ke Moewardi,” kata Rohana mengutip Antara, Kamis (16/2/2023).

Mengutip dari berbagai sumber, Zaenal Ma'arif adalah seorang politisi Indonesia yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI pada periode 2004-2009. Namun, ia mengundurkan diri pada 2007.

Kariernya di gedung DPR makin cemerlang ketika pria yang memiliki hubungan cukup akrab dengan pers ini dicalonkan sebagai Wakil Ketua DPR. Akhirnya, pada Sidang Umum 2004, Zaenal resmi dikukuhkan sebagai Wakil Ketua DPR RI dengan persetujuan Zainuddin MZ, Megawati Soekarno Putri, Akbar Tandjung dan Ruyandi Hutasoit.

Setelah masa jabatannya sebagai Wakil Ketua DPR RI berakhir, Zaenal Ma'arif tidak lagi aktif di dunia politik dan fokus pada kegiatan di lembaga sosial dan kepemudaan.

Rohana mengatakan, setelah pensiun dari DPR, Zaenal sempat bersekolah lagi hingga kemudian kembali berkarier sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

“Aktivitas kan kembali di UMS. Tapi dia merasa pilih istirahat, mungkin ada something. Jadi, kesehariannya ketemu teman-teman untuk arisan, happy-happy. Banyak ketemu teman-teman saja,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.