Sukses

Kabaharkam Polri: F1H2O Danau Toba Momentum Penting Bagi Indonesia

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto mengatakan, perheletan event internasional F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba menjadi momentum penting bagi Indonesia.

Liputan6.com, Balige Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto mengatakan, perheletan event internasional F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba menjadi momentum penting bagi Indonesia.

Sebab, event yang baru pertama sekali digelar di Indonesia, dan berlokasi di Kota Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), dipastikan banyak orang maupun wisatawan lokal hingga mancanegara yang akan berkunjung ke Danau Toba untuk menyaksikan.

"Harapannya selama kegiatan ini berlangsung, sektor ekonomi masyarakat di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, meningkat," kata jenderal bintang 3 itu di Balige, Sabtu (11/2/2023).

Kedatangan Arief ke Balige dalam melaksanakan kunjungan kerja untuk meninjau persiapam event internasional F1 Powerboat atau F1H2O. Pada kesempatan itu, Arief meminta Bupati Toba, Poltak Sitoru, untuk terus menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat.

"Supaya masyarakat turut mendukung menyukseskan kegiatan F1 Powerboat Danau Toba, agar berjalan kondusif," ujarnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Brrikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantu Pengamanan

Polri akan membantu memberikan pengamanan selama pelaksanaan F1H2O Danau Toba mulai 24 hingga 26 Februari 2023. Kejuaraan dunia balapan perahu cepat ini akan berlangsung di kawasan perairan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige.

Dalam kunjungan kerja itu, Kabaharkam Polri turut didampingi Wakapolda Sumut Brigjen Pol Jawari, Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol Hary Sudwijanto, Karorenmin Baharkam Polri, Brigjen Pol Agung Julianto.

Kemudian Dirbinpotmas Baharkam Polri, Brigjen Pol Edy Murbowo, Dirbintibmas Baharkam Polri, Brigjen Pol M Rudy Syafirudin, serta Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Kejahatan Konvensional dan Kejahatan Terhadap Kekayaan Negara, Brigjen Pol Eriadi.

Setibanya di Balige, Kabaharkam Polri beserta rombongan disambut Bupati Toba, Poltak Sitorus, Dir Reskrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Teddy JS Marbun, Dir Pamobvit Polda Sumut, Kombes Pol I Made Oka Putra, Dir Polairud Polda Sumut, Kombes Pol Toni Ariadi, Wadir Polairud Polda Sumut, AKBP Erwin M Siahaan, serta Kapolres Toba, AKBP Taufiq Hidayat.

Usai menerima sambutan, Kabaharkam Polri bersama Bupati Toba beserta stakeholder lainnya menuju posko melaksanakan diskusi membahas progres persiapan F1 Powerboat. Diakui Arief, dirinya sudah 3 kali datang ke Kota Balige meninjau atau mengecek persiapan F1 Powerboat.

"Seluruh rangkaian persiapan pelaksanaan F1 Powerboat di Kota Balige, Kabupaten Toba, berjalan sesuai target waktu yang telah ditentukan," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Rumah Warga Dijadikan Homestay

Ajang F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba tinggal menunggu hari. Berbagai persiapan dilakukan Pemerintah Republik Indonesia untuk menyukseskan acara, termasuk penginapan.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuha. penginapan, rumah-rumah warga di Balige Kabupaten Toba, Sumut, bakal dijadikan homestay.

Langkah itu diambil karena keterbatasan penginapan di sekitar venue penyelenggaraan F1H20 Danau Toba yang berlangsung pada 24 hingga 26 September 2023, tepatnya di Kecamatan Balige.

Rumah yang dijadikan homestay akan berdampak positif dari sisi ekonomi kepada warga. Kejuaraan dunia balapan perahu cepat ini akan berlangsung di kawasan perairan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige.

Berdasarkan data, di Balige, Toba, terdapat 21 hotel dengan jumlah kamar sebanyak 564. Hotel kawasan Kecamatan Parapat, Kabupaten Simalungun, ada 11 dengan jumlah kamar 774, dan Kabupaten Samosir 4 hotel dengan jumlah kamar 261.

Jika dikaitkan dengan jumlah pengunjung yang akan menyaksikan langsung F1H2O mencapai 20 ribu orang, diperkirakan hotel-hotel di kawasan Danau Toba tidak mampu menampung.

Direktur Utama (Dirut) Badan Pelaksanaan Otoritas Danau Toba (BPODT), Jimmy B Panjaitan menjelaskan, pihaknya bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengedukasi dan melatih warga yang rumahnya akan dijadikan homestay.

"Kita (BPODT) lebih mengambil peran mendukung saja, promosi, kita bantu penyelenggaraan, side event, mendorong homestay ini," kata Jimmy, Jumat, 3 Februari 2023, di Balige, Toba, Sumut.

4 dari 4 halaman

Pemerintah Gelontorkan Dana

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengelontorkan dana sebesar Rp 33 miliar untuk Penyelenggaraan F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba di Kabupaten Toba, Sumut.

Diperkirakan, dari event ini dampak ekonomi sebesar Rp 212 miliar. Berbeda dengan MotoGP di Mandalika, dampak ekonomi F1H2O Danau Toba akan dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar pelaksanaan event.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.