Sukses

Erick Thohir Disebut Tak Berpengalaman di Sepak Bola Nasional, Bos Persib Langsung Pasang Badan

Bos Persib Teddy Tjahyono langsung pasang badan dengan cara melakukan klarifikasi terkait isu miring tentang kiprah calon ketua umum PSSI, Erick Thohir di kancah sepak bola nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akan berlangsung pada Kamis (16/2/2023) mendatang. Polemik menjelang kongres pun makin memanas.

Isu tak sedap pun kini menggoyang Erick Thohir yang maju menjadi Calon Ketua Umum PSSI untuk periode 2023-2027.

Menteri BUMN tersebut diragukan oleh sejumlah pihak terkait kiprahnya di kancah sepak bola nasional, khususnya saat menjadi bagian dari manajemen Persib Bandung.

Isu tersebut kemudian dikaitkan dengan salah satu persyaratan calon ketua umum PSSI; minilam memiliki pengalaman lima tahun aktif di kancah sepak bola nasional.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahyono pun langsung angkat bicara terkait isu liar yang beredar di jagat maya tersebut. Teddy memastikan Erick lama berkecimpung di skuad Maung Bandung--julukan Persib.

"Ada beberapa pertanyaan dari media soal kapasitas Pak Erick Thohir dan rekam jejaknya. Kita pastikan, beliau memang bagian dari Persib sejak 2009 sampai 2019," kata Teddy melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (7/22/2023).

Teddy menegaskan Erick sudah hampir 10 tahun berkecimpung di Persib. Erick tercatat sempat menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama PT PBB selama bertahun-tahun.

"Jadi rekam jejaknya memang ada sesuai legalitas di PT PBB. Jadi, berita di luar soal rekam jejaknya aspal, itu tidak benar. Bukan hanya nama, Pak Erick Thohir juga aktif di PT PBB," ungkapnya.

Rekam jejak Erick di Persib

Erick Thohir merupakan sosok di balik pembentukan Akademi Persib yang bekerja sama dengan Inter Milan, klub Italia yang pernah dimiliki Erick, termasuk mendatangkan legenda klub tersebut, Javier Zanetti dan instruktur pelatihnya.

"Beliau juga yang memfasilitasi keberangkatan Pak Djadjang Nurdjaman untuk belajar ilmu kepelatihan di Inter Milan selama empat bulan," ucapnya.

Menurutnya, Erick pun berperan besar mengatur kedatangan sejumlah tim dari luar negeri yang berlaga dengan Persib seperti tim asal Belanda, Ajax Amsterdam dan DC United dari Amerika Serikat.

"Itu adalah beberapa bukti bahwa dia hadir dan aktif di PERSIB sampai kemudian diangkat menjadi Menteri BUMN pada tahun 2019," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Persib untuk Erick

Persib menjadi salah satu klub Liga 1 yang secara terang-terangan mendukung Erick untuk maju mencalonkan diri menjadi ketua umum PSSI.

Teddy dan bos Persib Glenn T. Sugita mengantar Erick saat mendaftarkan diri ke kantor PSSI, di Gelora Bung Karno (GBK) Arena, Senayan, Jakarta, pada Minggu (15/1/2023) lalu.

Kala itu, Teddy secara terang-terangan sangat mendukung langkah yang diambil oleh Erick untuk maju menjadi orang nomor wahid di PSSI.

Selain itu, Komisaris Persib, Umuh Muchtar pun mengaku siap mendukung Erick Thohir untuk menjadi ketua umum PSSI. Di mata Umuh, Erick merupakan sosok cocok memimpin PSSI.

"Kalau Pak Erick kan kita udah tahu. Dia pasti mau lah memperbaiki PSSI," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.