Sukses

Alhamdulillah, Berangkat Umrah Sekarang Bisa Langsung dari Bandara Sepinggan Balikpapan

Setelah sehari sebelumnya, penerbangan internasional dengan rute Balikpapan-Singapura resmi di buka, kini giliran rute Balikpapan-Madinah untuk para jamaah umrah resmi dibuka melalui Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan.

Liputan6.com, Balikpapan - Sebanyak 212 calon jamaah umrah asal Kalimantan Timur berangkat dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, pada Sabtu (28/1/2023) pagi.

Keberangkatan ratusan jamaah umrah ini tidak lagi harus teransit di Jakarta, melainkan langsung menuju Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz Madinah.

Dengan menggunakan pesawat Boeing 737-9 maskapai Lion Air, dengan nomor penerbangan JT 050 registrasi PK-LRF berangkat pada pukul 10.26 Wita ini merupakan penerbangan perdana dari Balikpapan menuju Madinah langsung.

Acara pelepasan calon jamaah umrah di area chek-in timur dihadiri oleh General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Kepala Kantor Kementerian Agama Balikpapan, perwakilan Pemerintah Kota Balikpapan, Distrik Manager Lion Air dan Ceo PT. Samira Ali Wisata.

GM Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Rika Danakusuma mengapresiasi Lion Group di mana dengan dibukanya penerbangan direct umrah pertama di tahun 2023 ini sudah memfasilitasi apa yang ditunggu-tunggu masyarakat Kalimantan Timur untuk berangkat ke Tanah Suci.

“Dengan demikian saat ini sudah ada dua rute Internasional yang ada di Bandara SAMS Sepinggan yaitu Singapura dan Madinah serta akan menyusul rute ke Malaysia dalam waktu dekat,” ungkap Rika, usai kegiatan penerbangan perdana Balikpapan-Madinah.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Picu Maskapai Lain Buka Rute Internasional

Dia berharap, dengan dibukanya dua rute internasional ini dapat memancing maskapai lainnya untuk ikut membuka rute-rute lainnya. “Bukan hanya untuk masalah Ibadah saja tetapi perekonomian di Balikpapan akan terangkat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Balikpapan, Johan Marpaung sangat bersyukur karena telah memberikan kesempatan kepada para jamaah untuk melaksanakan ibadah umrah dengan penerbangan langsung dari Balikpapan. Tidak seperti sebelumnya yang harus terbang melalui Jakarta. “Semoga ini dapat membantu masyarakat kita yang akan ibadah umrah,” timpalnya.

Untuk diketahui, jadwal penerbangan umrah dilaksanakan setiap minggu di hari Sabtu dengan rute Balikpapan-Madinah yang akan berangkat pada pukul 09.45 Wita dan rute Jadah-Balikpapan berangkat pukul 20.23 waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.