Sukses

Cara Kreatif Mahasiswa Design Komunikasi Visual UMT 'Go Public'

Universitas Muhammadiyah Tangerang, hadirkan kegiatan praktik menarik dengan menyelenggarakan acara pameran hasil karya MABA (Mahasiswa Baru).

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Muhammadiyah Tangerang, hadirkan kegiatan praktik menarik dengan menyelenggarakan acara pameran hasil karya MABA (Mahasiswa Baru) tahun ajaran 2022-2023.

Acara ini pertama kali diselenggarakan di gedung Plaza Universitas Muhammadiyah Tangerang selama tiga hari, dimulai Selasa, 24-26 Januari 2023 dari pukul 10.00-15.00 WIB. Menggabungkan empat mata kuliah di antaranya, Teori Warna, Nirmana Dwi Matra Batik, Gambar Bentuk dan Pengantar Industri Kreatif menjadi satu kegiatan kreatif pameran hasil karya mahasiswa.

Awal mula munculnya ide praktik kolaborasi ini adalah saat disadari karya-karya eksotis mahasiswa hanya dinilai dan macet di tangan masing-masing seniman. Dari sinilah para dosen pengampu mata kuliah mengobrolkan hal tersebut kepada prodi kemudian disetujui dan didukung.

"Dulu itu praktiknya masing-masing, setiap mata kuliah gitu, tapi berhubung ada anggaran praktik ya diselenggarakan lah barengan, biar lebih rame kampusnya, anak-anak juga biar tambah semangat," ujar Amanda, ketua panitia acara.

Opening pameran dihadiri langsung oleh Dr H Amarullah, M Pd selaku rektor, Wakil Dekan, Rella Dwi Respati, ST, MM, Dosen mata kuliah DKV Rifki Risandhy, S Des, M Ds, Moh Ali Wisudawan Rakarsa, S Ds, M Ds, Heri Wijayanto, M Sn  Dewi Intan Kurnia, S Des, M Ds.

Semua hasil yang dipamerkan adalah karya orisinil mahasiswa Design Komunikasi Visual semester awal. Beragam macam hasil karya praktik mahasiswa antara lain, lukisan bercorak batik berwarna, gambar karakter, kuliner, gantungan kunci, dll. Lukisan karakter sendiri dapat dipinang dengan harga terendah Rp100.000 hingga Rp150.000. Juga bisa dipesan dengan cara mampir ke stand pembuatan lukisan.

Fyi, teori warna itu adalah sebuah pedoman yang digunakan oleh para penggiat design untuk menyampaikan pesan kepada pengguna melalui warna. Sedangkan, gambar bentuk dapat dilakukan dengan proses mengamati bentuk objek yang akan digambar dan objeknya bisa benda mati, alam, makhluk hidup, dan biasanya lebih menonjolkan menyampaikan bentuk ketimbang warna.

Tujuannya diselenggarakan pameran ini adalah memupuk kepercayaan diri setiap mahasiswa untuk unjuk karya, mengekspresikan diri dengan skill yang dipunya.

"Pameran ini jadi kesempatan kami buat memperkenalkan diri tanpa kenalan, jadi melalui karya gitu, ya, bonusnya kalau ada yang meminang, syukur, pun juga sebagai nilai UAS," Zidane, Mahasiswa Komunikasi Design Visual, mengatakan.

Tak luput, Zidane, perwakilan Mahasiswa Komunikasi Design Visual memaparkan harapannya untuk teman seperjuangannya agar terus belajar dan tak bosan berlatih. "Diharapkan dengan adanya pameran ini teman-teman semua bisa berani dulu untuk memperlihatkan seninya, urusan bagus atau tidak kan selera, supaya bertanggung jawab juga dengan karya-karyanya gitu."

 

Penulis: Anisatul Azizah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.