Sukses

5 Makanan Khas Ngawi yang Murah Meriah Bikin Nambah

Berikut lima rekomendasi kuliner Ngawi yang bisa kamu coba

Liputan6.com, Ngawi - Kabupaten Ngawi yang berada di paling barat Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah memiliki khazanah kuliner yang patut dicoba. Selain soal rasa, ragam hidangan khas Ngawi juga terkenal dengan harganya yang ramah di kantong.

Jika kamu berencana berlibur ke Ngawi, tak ada salahnya mencicipi kuliner khas usai berkeliling ke berbagai destinasi wisatanya. Berikut lima rekomendasi kuliner Ngawi yang bisa kamu coba:

Lethok

Lethok merupakan makanan khas Ngawi yang sering juga dijuluki sambal tumpang. Sajian ini menggunakan tempe semangit sebagai bahan dasarnya.

Untuk membuatnya, tempe perlu difermentasikan dalam waktu yang cukup lama. Selanjutnya, tempe semangit diolah bersama dengan bumbu rempah khas nusantara, seperti daun jeruk, kencur, dan bumbu lainnya yang membuat aroma lethok menjadi harum.

Nasi Pecel Ngawi

Daerah-daerah lain di Indonesia juga memiliki sajian bernama nasi pecel, salah satunya Ngawi. Namun, nasi pecel khas Ngawi memiliki bumbu kacang yang bertekstur lebih kental dari nasi pecel lainnya.

Tak heran, sajian ini memiliki cita rasa yang lebih gurih, pedas, dan sedikit rasa manis yang menjadi ciri khas masakan Jawa. Seperti nasi pecel pada umumnya, sajian ini juga disajikan pada daun pisang yang dipincuk, dengan aneka lauk pendamping, seperti ayam, telur, babat, tempe, dan tahu.

Tepo Tahu

Konon, tepo tahu merupakan sajian khas Ngawi yang sudah turun-temurun dan melegenda. Sajian ini juga dikenal dengan nama tahu lontong.

Sesuai namanya, makanan ini berbahan beras (lontong) dan tahu. Umumnya, makanan ini disajikan dengan kuah yang dibuat dengan campuran kecap, air asam Jawa, dan bumbu halus lainnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dodol Jambu Merah

Dodol Jambu Merah

Berbeda dengan dodol khas garut, Ngawi memiliki dodol yang dibuat dari jambu merah. Jajanan ini dibuat dengan cara mengolah jambu merah menjadi jus.

Selanjutnya, gula pasir ditambahkan untuk menambah sensasi manis pada dodol. Kemudian, adonan dipanaskan hingga mengental dan bertekstur seperti dodol pada umumnya. Jajanan ini juga bisa dijadikan oleh-oleh usai liburan.

Cokelat Tempe

Selain dijadikan camilan, kuliner yang satu ini juga bisa dijadikan lauk. Adalah cokelat tempe yang kini menjadi makanan khas Kabupaten Ngawi yang cukup ikonik.

Bentuk cokelat tempe tidak berbeda dengan cokelat pada umumnya. Hanya saja, isian cokelat yang biasanya menggunakan kacang mete atau almond diganti dengan tempe. Ada banyak pilihan rasa yang tersedia, yakni original, white choco, tiramisu, cokelat susu, dan lainnya.

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.