Sukses

Haul Guru Sekumpul ke-18 di Kampung Keramat Digelar 26 Januari 2023

Rapat Koordinasi bersama dari unsur ulama, masyarakat, pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Banjar terus dilakukan.

Liputan6.com, Banjarmasin Persiapan pelaksanaan Haul Akbar KH Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) ke-18 terus dilakukan. Rapat Koordinasi bersama dari unsur ulama, masyarakat, pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kabupaten Banjar terus dilakukan.

Ulama Banua, Kalsel, Guru Ahmad Supian Al Banjari menyebutkan persiapan haul tahun dilaksanakan di jalan Kertak Baru, Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar. Puncaknya pada Kamis, 26 Januari 2023, ini berdasarkan dengan keputusan ulama Banua.

“Haul akbar ini, Alhamdulillah persiapan Insya Allah sudah cukup matang karena beberapa kali sudah rapat, terakhir ini tadi rapat dengan pembahasan pendistribusian konsumsi,” sebut Guru Ahmad Supian Al Banjari, Rabu (18/1/2023).

Kemudian terkait dengan kesediaan kantong-kantong parkir juga dibahas, serta mobilisasi massa atau jemaah yang mudah dilewati sekaligus sebagai antisipasi saat terjadi kemacetan. Termasuk juga akses jalan untuk tamu VIP serta transportasi dan pengawalannya.

“Insya Allah semua sudah siap, dan akan dipersiapkan sedemikian rupa,” lanjutnya.

Pelaksanaan haul juga mendapatkan dukungan dan fasilitas dari pemerintah daerah, Pemprov Kalsel dan Pemkab Banjar. Beberapa dinas terkait akan melakukan koordinasi untuk menyukseskan Haul Akbar Abah Guru Sekumpul.

“Ada dinas yang bersinergi supaya tujuan kita tercapai diantaranya Dinas Sosial, Dinas Perhubungan untuk antisipasi kemacetan atau kenyamanan lalu lintas serta dinas-dinas lainnya,” kata Guru Ahmad Supian.

Guru Ahmad Supian, salah satu Ulama Banua Kalsel ini juga mengabarkan dan mengajak kepada masyarakat untuk menghadiri acara haul ini. Beberapa hari lalu pihak panitia penyelenggara bersama sejumlah Ulama Banua telah menyampaikan ajakan yang memang dilaksanakan dengan terbuka untuk umum.

“Ada imbauan dari para alim ulama, tuan guru termasuk ulun (saya) sendiri juga mengimbau secara langsung kepada jemaah atau lewat media-media secara tertulis atau secara visual, kita imbau kepada jemaah untuk menghadiri acara haul,” lanjutnya.

Disebutkan jika pelaksanaan haul memberikan banyak manfaat, sehingga diharapkan melalui haul yang dihadiri memberikan beberapa nilai kebaikan.

“Pertama kita bisa mengambil ibrah (pembelajaran), dalam hal bagaimana seorang wali Allah itu meninggal dengan husnul khotimah, kita pun bagaimana berusaha supaya seperti beliau,” ujar Guru Ahmad Supian.

Selanjutnya melalui pelaksanaan haul ini diharapkan menjadi media sebagai ajang bersilaturahmi, sebagaimana disebutkan dengan bersilaturahmi, rezeki dapat dimudahkan kemudian umur pun ditambah dengan berkah.

Acara haul ini juga diharapkan merupakan bentuk takzim kepada seorang guru, kepada seorang ulama besar pada seorang wali Allah sehingga haul ini nantinya dapat dilaksanakan.

Haul tahun ini pihak panitia telah mengundang khusus kepada orang-orang luar daerah, para alim ulama dari luar daerah khususnya dari Jombang, serta dari daerah lainnya. Disebutkan untuk mengisi rangkaian kegiatan nantinya akan ada Kyai Mustain memberikan tausiah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Gotong Royong

Menjelang pelaksanaan haul, warga Desa Keramat Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar bergotong royong bersih-bersih kampung. Aksi ini telah dilakukan sejak hari Jumat tanggal 13 Januari 2023 lalu, dan ini dilakukan seterusnya hingga puncak haul.

“Alhamdulillah persiapan khusus di desa ulun siap dan masyarakat pun demikian dengan bergotong royong membersihkan kampung, memasang umbul umbul, lampu serta pengadaan dapur umum,” sebut Said Syeh, Kepala Desa Keramat, Selasa (17/1/2023).

Kemudian persiapan relawan dari desa pun telah disediakan dan siap untuk bersinergi dengan relawan kampung lainnya. Antusias warga kampung Keramat cukup tinggi menyongsong pelaksanaan haul tersebut, selain berpartisipasi membersihkan kampung, sejumlah lokasi untuk parkir serta dermaga pun telah disiapkan.

Tidak hanya itu, akses untuk jalan VIP juga akan dilakukan pembenahan penerangan dan perbaikan jalan yang berlubang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.