Sukses

Tak Hanya Makanan, Ini 8 Oleh-Oleh Jayapura yang Cocok Jadi Kenang-Kenangan

Oleh-oleh berupa kerajinan tangan ini tentu menjadi buah tangan yang sangat pas karena sekaligus bisa dijadikan hiasan interior pemanis rumah

Liputan6.com, Jayapura - Tak hanya berupa kuliner khas, Jayapura juga memiliki ragam pilihan oleh-oleh lain dari kerajinan tangan masyarakat setempat. Beberapa di antaranya bahkan sulit ditemukan di wilayah lain.

Oleh-oleh berupa kerajinan tangan ini tentu menjadi buah tangan yang sangat pas karena sekaligus bisa dijadikan hiasan interior pemanis rumah. Oleh-oleh ini juga dijamin keawetannya. Berikut rekomendasi pilihan oleh-oleh Jayapura:

1. Tas Noken

Tas noken merupakan salah satu perlengkapan sehari-hari yang digunakan warga lokal Papua. Tas ini berbahan rajut dengan berbagai pilihan warna.

Umumnya, tas selempang ini dipakai di atas kepala. Masyarakat setempat menggunakan tas ini untuk berbelanja kebutuhan pangan.

2. Alat Musik Tifa

Tifa merupakan alat musik khas Indonesia Timur. Alat musik ini menyerupai gendang yang dimainkan dengan cara dipukul.

Material yang biasanya digunakan adalah kayu lenggua dengan kualitas terbaik yang dilapisi kulit hewan, seperti rusa atau biawak. Alat musik ini berbentuk ramping, sehingga mudah dibawa dan dijadikan oleh-oleh.

3. Pakaian Koteka

Koteka menjadi salah satu identitas masyarakat Jayapura, sehingga tak bisa ditemukan di daerah lain. Oleh sebab itu, koteka menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang pas untuk dibawa oleh wisatawan.

Koteka umumnya digunakan sebagai pengganti pakaian dalam pria yang digunakan sehari-hari.Berbahan khusus dari kulit labu, koteka diproses dengan cara dijemur dan dikeringkan.

Biasanya, koteka pendek digunakan untuk bekerja. Sementara koteka dengan ukuran lebih panjang digunakan sebagai pakaian upacara adat.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batik

4. Kerajinan Batik

Jayapura juga memiliki kain batiknya sendiri. Kain batik lembaran khas Papua ini identik dengan keindahan motif burung cendrawasih.

Selain itu, kain ini juga cukup menarik perhatian karena memiliki kombinasi warna yang beragam. Umumnya, kain ini digunakan untuk acara formal dan kebudayaan.

5. Patung Suku Asmat

Jika kamu memilih oleh-oleh yang sekaligus menjadi kenang-kenangan, patung Suku Asmat menjadi pilihan tepat. Selain itu, dengan memilih oleh-oleh ini artinya kamu telah ikut serta dalam melestarikan kebudayaan Suku Asmat.

Patung Suku Asmat merupakan kerajinan kayu yang berbentuk patung. Bentuk dan ukiran yang ditawarkan pun cukup beragam, sehingga kamu memiliki kesempatan memilih sesuai dengan keinginan.

6. Mutiara Raja Ampat

Raja Ampat menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia Timur yang cukup populer. Wilayah ini memiliki salah satu buah tangan khas, yakni mutiara.

Bahkan, petani mutiara menjadi mata pencaharian mayoritas penduduk setempat. Meski harganya cukup fantastis, tetapi hal tersebut sepadan dengan keaslian dan keindahannya. Mutiara ini bisa dijadikan beragam aksesori, seperti kalung, cincin, gelang, dan lainnya.

7. Kalung Gading

Aksesori lainnya yang juga bisa dijadikan oleh-oleh adalah kalung gading. Kalung berbahan utama gading hewan ini cocok dikenakan untuk menambah sisi manis penampilan.

8. Topi Bulu Papua

Selain koteka, perlengkapan pakaian adat Papua lain yang tak kalah menarik adalah topi bulunya. Topi bulu papua umumnya dikenakan saat upacara kebudayaan masyarakat setempat. Aksesori ini terbuat dari sejumlah bulu hewan yang dihias semenarik mungkin dengan warna yang mencolok.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.