Sukses

4 Rekomendasi Wisata Arung Jeram di Yogyakarta, Cocok untuk Jiwa Petualang

Selain seru, wisata arung jeram juga dapat melatih mental dan fisik.

Liputan6.com, Yogyakarta - Arung jeram menjadi salah satu aktivitas wisata yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Yogyakarta. Wisata arung jeram sangat cocok untuk kamu yang menyukai wisata petualangan, terutama yang berhubungan dengan air.

Selain seru, wisata arung jeram juga dapat melatih mental dan fisik.

Berikut rekomendasi empat wisata arung jeram Yogyakarta yang bisa dicoba:

1. Sungai Oyo

Sungai Oyo berlokasi di Gelaran II RT03/RW.16, Seropan, Gunungkidul, Yogyakarta. Destinasi wisata ini berlokasi tak jauh dari Gua Pindul.

Karena berdekatan dengan Gua Pindul, tak jarang beberapa wisatawan menyebut lokasi ini dengan nama Rafting Goa Pindul Jogja. Tipe rafting di lokasi ini adalah wisata body rafting.

Kamu akan mengarungi aliran sungai yang tenang dengan menggunakan ban, bukan perahu karet. Meski aliran sungainya cukup tenang, kamu akan tetap menemui beberapa tantangan saat melewati riak sungai.

2. River tubing Sedayu

River Tubing Sedayu atau Karst Tubing berlokasi di Surobayan, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Destinasi wisata ini menawarkan dua jalur susur sungai, yakni berjarak 900 m dan 1,2 km.

Saat menyusuri sungai, kamu akan dipandu petugas yang ramah. Selain itu, pengunjung juga diberikan pengaman berupa helm, pelampung, dan sepatu karet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. River tubing di Jogja Exotarium

Tak hanya untuk orang dewasa, wisata river tubing di Jogja Exotarium juga ramah untuk anak-anak. Namun, karena debit air yang dibutuhkan untuk melakukan tubing harus cukup, wisata Yogyakarta beupa river tubing di lokasi ini hanya dibuka saat musim hujan.

Saat musim hujan, arus air di lokasi ini tidak begitu deras, sehingga aman untuk aktivitas rafting bersama keluarga, termasuk anak-anak. Selain tubing, Jogja Exotarium juga menawarkan beragam wisata edukasi, seperti outbond, kolam renang, kebun binatang mini, hingga spot selfie.

4. River tubing Gua Kalisuci

Rekomendasi selanjutnya untuk melakukan kegiatan susur sungai adalah di Gua Kalisuci. Destinasi wisata ini terletak di kawasan Jetis, Jonge, Pacarejo, Gunungkidul, Yogyakarta.

Kamu juga akan disuguhi keindahan pemandangan stalaktit di dalam goa dan tebing. Air yang mengalir di dalam goa pun cenderung tenang dan tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk kegiatan arung jeram segala usia.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.