Sukses

Jalan-Jalan Awal Tahun, Cek 5 Destinasi Wisata Indonesia yang Bikin Lupa Pulang

Beberapa destinasi wisata ini juga tergolong menjadi destinasi wisata anti mainstream.

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali 2023, bisa dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya berlibur bersama keluarga atau teman. Terdapat berbagai destinasi wisata Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa destinasi wisata ini juga tergolong menjadi destinasi wisata anti mainstream. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan menyukai hal-hal baru.

Berikut rekomendasi lima destinasi wisata di Indonesia yang bisa kamu kunjungi di awal tahun:

1. Bukit Tanarara, Sumba Timur, NTT

Bukit Tanarara berada di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata ini pernah menjadi lokasi syuting film 'Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak'.

Dalam film tersebut juga digambarkan keindahan Bukit Tanarara. Lokasi ini memiliki hamparan savana yang luar buasa dengan warna yang bisa berubah sesuai musim.

Pengunjung juga bisa menikmati perpaduan bukit-bukit membentuk pola kesatuan yang indah. Karena berada di ketinggian, kamu juga bisa menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam.

Destinasi wisata ini berjarak sekitar 19 km dari Kabupaten Sumba Timur. Dalam perjalanan, kamu juga akan disuguhi hamparan savana dan kumpulan hewan.

2. Desa Pinggan, Kintamani

Jika kamu memilih Bali sebagai tempat wisata awal tahun, kamu bisa berkunjung ke Desa Pinggan, Kintamani. Desa Pinggan memiliki suasana berkabut karena lokasinya berada di ketinggian.

Desa ini juga berlatar pengunungan yang indah. Saat melihat ke bawah, pengunjung akan disuguhkan pemandangan area persawahan yang asri.

Untuk sampai ke Desa Pinggan, kamu bisa berkendara selama 2 jam 15 menit dari Denpasar. Desa Pinggan juga menjadi salah satu pilihan menghabiskan liburan dan akhir pekan oleh beberapa wisatawan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

3. Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Lokasi yang dijuluki 'Negeri di Atas Awan dari Timur Indonesia' ini memang menjadi salah satu pilihan tepat untuk memulai tahun. Lokasi yang disebut Desa Wae Rebo ini berada di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Saat berada di sini, kamu akan melihat pemandangan yang asri dengan udara sejuk dan segar. Selain itu, kamu juga bisa melihat jejeran rumah khas Desa Wae Rebo berbentuk kerucut yang disebut Mbaru Niang.

Bahkan, kamu juga bisa merasakan menginap di rumah tersebut. Untuk sampai ke Desa Wae Rebo, kamu perlu menyewa motor atau mobil dari Labuan Bajo dengan waktu tempuh sekitar 5-11 jam, bergantung kendaraan dan rute jalan yang dipilih.

4. Kawah Putih Tinggi Raja, Simalungun

Kawah Putih Tinggi Raja terletak di Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Kamu bisa menyaksikan kombinasi panorama indah antara bukit kapur berwarna putih dengan danau berwarna biru kehijauan.

Air danau tersebut berasal dari sumber mata air panas yang ada di sekitar bukit. Kawah Putih Tinggi Raja menghadirkan ketenangan karema nuansanya yang sangat alami dengan udara yang segar.

Untuk sampai ke lokasi ini, terdapat tiga rute yang biasa dilalui. Rute pertama yakni Medan-Lubuk Pakam-Galang-Banun Purba-Dolok Tinggi Raja, rute kedua melalui Medan-Lubuk Pakam-Galang-Dolok Tinggi Raja, dan ketiga melalui jalur Masihul-Nagori Dolok-Dolok Tinggi Raja.

5. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah menghadirkan pemandangan laut lepas yang cantik dan memesona. Pantai ini berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur.

Daya tarik pantai ini adalah panorama matahari terbenamnya yang berwarna merah. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas pantai, seperti surfing dan camping di area pantai.

Pantai ini berjarak sekitar 67 km dari Kota Banyuwangi. Jarak tersebut bisa ditempuh selama 90 menit.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.