Sukses

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Kalimantan yang Bikin Makin Kagum dengan Pulau Borneo

Jika kamu berencana berlibur ke Pulau Borneo, kamu bisa menyimak beberapa rekomendasi destinasi wisata berikut.

Liputan6.com, Balikpapan - Pulau Kalimantan menjadi salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang memukau. Tak heran, di wilayah ini terdapat banyak destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan liburan.

Jika kamu berencana berlibur ke Pulau Borneo, kamu bisa menyimak beberapa rekomendasi destinasi wisata berikut:

1. Air Terjun Sianak, Kalimantan Utara

Air Terjun Sianak berlokasi di Desa Bambangan yang berada di dalam wilayah Sebatik Barat, Nunukan, Kalimantan Utara. Destinasi wisata ini menghadirkan suasana yang tenang dan nyaman.

Bagi kamu yang ingin mencari destinasi wisata untuk healing, Air Terjun Sianak bisa menjadi pilihan. Tempat wisata ini berada di perbukitan yang tersembunyi di tengah hutan. Tak perlu khawatir, bagi kamu yang baru pertama kali ingin berkunjung ke sini, terdapat pemandu wisata yang senantiasa menemani dan menjelaskan keseluruhan destinasi wisata Kalimantan ini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukit Bangkarai, Kalimantan Timur

2. Bukit Bangkarai, Kalimantan Timur

Bukit Bangkarai merupakan kawasan wisata alam yang dikelola PT Inhutani I Unit I Balikpapan. Destinasi wisata ini terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Untuk sampai ke sini, kamu harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari Kota Balikpapan. Terdapat beragam vegetasi di dalam Wisata Bukit Bangkirai, mulai dari buah-buahan tropis, anggrek hutan liar, hingga pohon bangkirai yang berumur sekitar 150 tahun dengan tinggi 50 meter dan masih terjaga keasriannya. 

3. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Keunikan destinasi ini terletak pada airnya yang memiliki dua rasa, yakni asin di bagian dasar dan tawar di bagian permukaan.

Nama Labuan Cermin disematkan karena destinasi wisata ini memiliki air yang sangat jernih. Saat melihat ke arah air, akan tampak mengilap layaknya cermin.

4. Danau Sentarum, Kalimantan Barat

Taman Nasional Danau Sentarum terletak di Nanga Leboyan, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Destinasi wisata ini adalah taman nasional yang melindungi dan memiliki banyak keanekaragaman hayati.

5. Gua Batu Hapu, Kalimantan Selatan 

Gua Batu Hapu berlokasi di Batu Hapu, Hatungun, Tapin, Kalimantan Selatan. Gua ini memiliki mulut yang cukup besar dengan dua bibir gua yang terhubung dengan tangga beton.

Gua yang dihiasi keindahan stalagtit dan stalagmit ini memiliki keterkaitan erat dengan mitos lokal setempat. Masyarakat setempat percaya, Gua Batu Hapu terbentuk dari pecahan kapal milik seorang anak durhaka bernama Angui.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.