Sukses

Aminah Cendrakasih Meninggal Dunia, Berikut Profil 'Mak Nyak Si Doel'

Aktris senior Aminah Cendrakasih dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (21/12/2022) di kediamannya di kawasan Jurangmangu, Tangerang Selatan.

Liputan6.com, Bandung - Artis senior Aminah Cendrakasih dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (21/12/2022). Sang artis dikabarkan meninggal dunia di kediamannya di kawasan Jurangmangu, Tangerang Selatan.

Ia merupakan salah satu aktor senior yang legendaris. Kabar dukanya sangat dirasakan oleh banyak orang.

Aminah yang dijuluki 'Mak Nyak si Doel'  itu meninggal dunia pada usia ke-83 tahun karena sempat menderita sakit. Kabar dukanya juga dibagikan di akun Instagram Si Doel Anak Sekolahan.

Innalillahi wainna ilaihi rojiun telah Wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih) pukul 20.00. Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya Dan diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT Aaminn YRA (alfatihah),” tulis akun @sidoelanaksekolahan.

Melalui unggahan tersebut, para artis Indonesia turut memenuhi kolom komentar dengan ucapan duka mulai dari Kiki Farrel, Marsha Timothy, hingga Ayu Dewi.

Turut Berduka cita sedalam dalam nya,” ujar akun @marshatimothy.

Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun, Smoga Mak Nyak Husnul Khotimah, trimaaksih atas tawa bahagia yg dihadirkan lewat karya sedari kami kecil, Al Fatihah,” kata akun @mrsayudewi.

Mak nyaak. Innalilahiwainnailaihirajiuun. Semoga amal ibadah diterima Allah swt. Diampuni dosanya dan masuk surga ya mak nyak,” kata akun @kikifarrel_.

Sosok Aminah Cendrakasih memang dikenal dengan sebutan Mak Nyak di mana nama panggilan tersebut adalah ketika mendiang berperan dalam sinetron Si Doel. Aminah merupakan aktor senior yang telah memulai kariernya sejak 50-an.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Aminah Cendrakasih

Aminah Cendrakasih atau Mak Nyak merupakan perempuan kelahiran Magelang pada 29 Januari 1938. Ia dikenal sebagai sosok yang senang bercanda, menyukai humor, dan juga sangat ramah.

Adapun sebagai aktor, Aminah Cendrakasih ternyata merupakan anak dari pasangan aktor. Ayah dan ibunya merupakan aktor sandiwara pada zaman penjajahan Belanda.

Ayahnya adalah H Husin Nagib dan Ibunya adalah Hj Wolly Sutinah.

Aminah menikah dengan Idris Permana pada 1959 dan mempunyai tujuh orang anak yang di antaranya adalah empat orang anak laki-laki dan tiga orang anak perempuan.

Aminah sudah membintangi banyak sekali film tanah air dari 1955 hingga saat ini. Salah satu film debutnya adalah film 'Oh Ibuku' yang tayang pada 1955.

Sejak saat itu, sudah ada ratusan film yang ia perankan. Bahkan, ia juga berpartisipasi dalam film 'Si Doel' yang tayang pada 2018, 2019, dan 2020.

Debut sinetronnya dimulai pada 1984 dengan film berjudul 'Rumah Masa Depan' kemudian ia berperan dalam sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' yang tayang pada 1993 hingga 2003 dan masih terkenal hingga saat ini.

Ia juga pernah berperan dalam sinetron 'Si Doel Anak Pinggiran' di 2011 dan menjadi sinetron terakhirnya sebelum ia terkena sakit.

Sosok aktris legendaris ini juga telah mendapatkan banyak penghargaan mulai dari Lifetime Achievement Awards pada 2012 dan 2013 dalam ajang Festival Film Bandung dan Indonesian Movie Actors Awards. Serta, penghargaan Penampilan Singkat Nan Berkesan dalam film Si Doel the Movie di acara Piala Maya (2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.