Sukses

Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023, Asa Pelaku Wisata di Yogyakarta Bangkit Kembali

Promosi pariwisata di DIY harus mendapatkan tempat di dunia melalui TRAVEX yang akan diselenggarakan pada Februari 2023 mendatang.

Liputan6.com, Yogyakarta Ketua Pelaksana ASEAN Tourism Forum 2023 sekaligus Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY, Gusti Kanjeng Ratu Bendara meminta pelaku usaha pariwisata di DIY untuk memanfaatkan semaksimal mungkin ajang TRAVEX di ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 pada awal Februari di Jogja Expo Center (JEC). 

Travel Exchange (TRAVEX) merupakan ajang pertemuan antara international buyers dari 33 negara dan para peserta pameran atau exhibitor (sellers) dari negara-negara ASEAN sehingga penting bagi pelaku industri pariwisata Yogyakarta untuk berpromosi, memperkenalkan dan menawarkan destinasi-destinasi terbaiknya.  

"Ajang TRAVEX di ATF 2023 adalah sebuah kesempatan baik dan strategis yang mesti kita manfaatkan bersama. Saya menyerukan dan mengajak seluruh pelaku industri pariwisata agar memanfaatkan ajang TRAVEX di ATF 2023 untuk segiat mungkin mempromosikan destinasi wisata Yogyakarta dan berbagai destinasi lainnya di Nusantara. Para pemilik tour operator dan tour agent, jangan sampai ketinggalan kesempatan emas ini. Pemda DIY sangat mendukung kalian untuk turut serta," katanya Jumat, 20 Desember 2022.

Bendara mengatakan Yogyakarta bersiap menyambut semua delegasi di Forum Pariwisata tahunan terbesar ASEAN 2023 pada ASEAN Tourism Forum (ATF) yang akan dihelat pada tanggal 2-5 Februari tahun 2023. Bendara mengatakan salah satu agenda utama dalam ATF 2023 adalah TRAVEX, trade-only mart yang menampilkan kontingen produk dan layanan tujuan wisata dan perjalanan ASEAN terbesar di dunia, serta memfasilitasi penjualan, pembelian, dan promosi kawasan secara internasional. 

"Pemerintah Yogyakarta berharap agar pihak industri pariwisata dan Pemerintah Daerah seluruh Indonesia dapat memanfaatkan pertemuan strategis ini dan dapat berpartisipasi di pertemuan B2C dan B2B."

Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Yogyakarta siap menjadi Tuan Rumah dan penyelenggara ASEAN Tourism Forum 2023 pada 2-5 Februari 2023 mendatang.

“Jogja itu memang siap, mulai dari keramahan masyarakatnya, pelayanan yang baik, dan destinasi wisatanya, begitu juga kesiapan infrastruktur hingga memberikan edukasi dan awareness kepada masyarakat Yogyakarta tentang ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 ini,” kata Baskara Aji. 

ASEAN Tourism Forum ATF 2023 nanti menjadi penanda Indonesia menjadi tuan rumah yang  ketiga kalinya setelah  2002 Yogyakarta, 2012 di Manado dan kini 2023 kembali ke Yogyakarta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.