Sukses

Minyak Goreng hingga Perubahan Iklim Jadi Kata Kunci Paling Banyak Dicari di Google Selama 2022

Mesin pencari Google telah merilis daftar laporan Google Year in Search 2022.

Liputan6.com, Bandung - Mesin pencari Google telah merilis daftar laporan Google Year in Search 2022. Indonesia, sebagai salah satu basis pengguna Google juga menjadi daftar apa saja yang dicari orang sepanjang tahun ini. Lantas, kata kunci apa yang paling banyak dicari?

Berdasarkan kategori peristiwa nasional, kata kunci 'minyak goreng' dan 'perubahan iklim' menjadi menjadi isu yang paling banyak dicari warganet Indonesia. Masing-masing kata kunci itu menempati nomor satu dan dua.

Dilihat dari laman Google, Senin (19/12/2022), kata kunci minyak goreng mulai menarik perhatian pembaca sejak awal tahun yakni sekitar 16-22 Januari 2022. Kemudian, pencarian kata kunci tersebut mencapai puncaknya sekitar 13-19 Maret 2022.

Seperti diketahui, harga minyak goreng memang sempat melonjak tinggi pada awal sampai pertengahan 2022. Harga naik setelah terjadinya kelangkaan di pasaran, yang kemudian diikuti munculnya isu mafia minyak goreng dan pelarangan ekspor produk minyak kelapa sawit.

Topik teratas minyak goreng ini terkait dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Sedangkan, kueri teratas terkait isu ini yaitu ‘kenapa minyak goreng langka’.

Sementara, kata kunci yang paling banyak dicari berikutnya adalah 'perubahan iklim'. Kata kunci tersebut menarik perhatian pembaca pada puncaknya di kisaran 17-23 April 2022.

Adapun pencarian topik terkait perubahan iklim. Sedangkan, kueri terkait tertinggi yaitu ‘google doodle perubahan iklim’.

Selain minyak goreng dan perubahan iklim, kata kunci gempa hari ini menjadi yang banyak dicari ketiga sepanjang 2022. Indonesia memang dilanda banyak gempa bumi. Salah satu satu gempa yang memakan banyak korban tahun ini adalah gempa di Cianjur yang terjadi pada 21 November 2022 lalu.

Kemudian ada banyak juga orang yang mencari kata kunci gejala Omicron, peristiwa kerusuhan Kanjuruhan, hingga pencarian putra Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtaz (Eril) yang hanyut di Sungai Aare di Swiss.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Lengkapnya

Berikut daftar 10 kata kunci peristiwa nasional yang paling banyak dicari di Google pada 2022 berdasarkan peringkatnya:

Minyak goreng

Perubahan iklim

Gempa hari ini

Gejala Omicron

Kanjuruhan

Eril ditemukan

Piala Presiden 2022

Persib

Holywings

Lokasi vaksin Covid terdekat

Untuk diketahui, laporan Year in Search 2022 dari Google ini bertujuan untuk melihat hal-hal yang paling banyak dicari oleh warganet Indonesia selama setahun terakhir.

Terdapat sejumlah kategori yang dimuat, seperti pencarian topik terbanyak, film atau serial TV, lirik lagu, olahraga, peristiwa nasional, resep masakan, hingga tokoh yang paling membuat orang penasaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.