Sukses

7 Pertandingan Sepak Bola dengan Kartu Merah Terbanyak

Berikut pertandingan sepak bola kartu merah terbanyak di dunia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pertandingan sepak bola sering kali diwarnai dengan ganjaran kartu, baik kartu kuning maupun kartu merah. Kartu-kartu ini dikeluarkan wasit sebagai tanda peringatan adanya pelanggaran bahkan kericuhan antar pemain.

Dalam sejarah sepak bola, terdapat sejumlah pertandingan yang melahirkan kartu merah terbanyak. Berikut pertandingan sepak bola kartu merah terbanyak di dunia.

1. Espanyol vs Bacelona (6 kartu merah)

Pada 2003, laga Espanyol dan Barcelona dihujani enam kartu merah. Dalam laga yang dimenangkan Barcelona dengan skor 3-1 itu, sebanyak dua pemain mendapat kartu merah, sedangkan empat lainnya mendapat dua kali kartu kuning.

Dari Espanyol, De La Peña mendapat kartu merah di menit ke-41, Soldevilla mendapat kartu kuning kedua di menit ke-61, serta kartu kuning kedua untuk Lopo di menit ke-87. Sementara itu dari Barcelona, Márquez mendapat kartu kuning kedua di menit ke-45, kartu kuning kedua Quaresma di menit ke-50, dan kartu merah untuk Cocu di menit ke-65.

2. Petrolul Ploiesti vs Gaz Metan (6 kartu merah)

Sebanyak enam pemain diberi ganjaran kartu merah oleh wasit pada laga Petrolul Ploiesti kontra Gaz Metan pada 2013 lalu. Kartu tersebut diberikan lantaran terjadi kericuhan antar beberapa pemain.

Bahkan, salah satunya kedapatan menggigit pemain lawan yang dibalas dengan tonjokan. Situasi ini pun membuat pertandingan ricuh dan sempat dihentikan sementara.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gremio vs Internacional

3. Gremio vs Internacional (8 Kartu Merah)

Pada babak penyisihan grup Copa Libertadores 2020, Gremio dan Internacional bentrok diwarnai dengan 8 kartu merah. Give Me Sport melaporkan, keributan pecah beberapa menit jelang akhir laga.

Para pemain dari kedua tim saling mencoba untuk menendang. Pepe, Luciano, Caio Henrique, dan Paulo Miranda adalah pemain Gremio yang diberi kartu merah. Sementara itu, dari sisi Internacional ada Edenilson, yang mendapat kartu merah adalag Moises, Victor Cuesta, dan Bruno Conceicao Praxedes.

4. Recreativo Linense vs Saladillo De Algeciras (19 kartu merah)

Pada 2019, sebuah pertandingan di divisi satu liga Spanyol mempertemukan Recreatives Linense dan Saladillo De Algeciras. Pada pertandingan tersebut, wasit mengeluarkan 19 kartu merah.

Menurut The Guardian, pertarungan kedua tim tersebut menjadi semakin buruk ketika pemain Recreativo menerima kartu merah pertama dari wasit. Hal itu menyebabkan pemain lain emosi.

Laga pun sempat dihentikan sementara. Saat di ruang ganti, wasit kembali mengeluarkan sembilan pemain dari masing-masing tim.

5. Sportivo Ameliano vs General Caballero (20 kartu merah)

Pada 1993, laga antara dua tim Paraguay, yakni Sportivo Ameliano dan General Caballero, juga mencatatkan rekor kartu merah terbanyak. Dalam laga tersebut, wasit mengeluarkan 20 kartu merah.

Pengusiran dua pemain Sportivo membuat pemain lainnya emosi, sehingga menimbulkan kericuhan. Pertandingan pun akhirnya dihentikan dan wasit mengeluarkan sejumlah kartu merah.

Saat itu, laga dipimpin oleh wasit William Weiler Martinez. Pada 2016, William Weiler Martinez menerima sertifikat dari The Guines Book of Records sebagai wasit yang mengeluarkan kartu merah terbanyak dalam satu pertandingan.

6. Claypole vs Victoriano Arenas (36 kartu merah)

Pada laga tim Argentina, Claypole dan Victoriano Arenas, dihujani sebanyak 36 kartu merah pada 2011 lalu. Pada babak pertama, wasit mengganjar dua pemain dengan kartu merah.

Pertandingan pun semakin memanas di babak kedua yang menyebabkan keributan. Wasit pun mengganjar seluruh pemain dengan kartu merah dan mengusir sejumlah staf di bangku cadangan.

7. Teniente Farina vs Libertad (2012)

Laga antara tim Paraguay, Teniente Farina melawan Libertad, juga tercatat sebagai pertandingan sepak bola dengan kartu merah terbanyak pada 2012 lalu. Dua kartu merah dari wasit membuat pertandingan memanas.

Kericuhan dan keributan tampak di lapanhan. Melihat hal ini, wasit pun mengeluarkan 36 kartu merah dalam laga tersebut.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.