Sukses

Singkirkan Portugal, Maroko Jadi Tim Afrika Pertama yang Lolos ke Semifinal Piala Dunia

Dengan kemenangan ini, Maroko menjadi tim Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Maroko baru saja mencetak sejarah baru di Piala Dunia. Usai mengalahkan Portugal dengan skor 1-0, Maroko menjadi tim Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia.

Umpan dari Yahia Attiyat-Allah dimanfaatkan dengan baik oleh Youssef En-Nesyri. Melalui sundulan, En-Nesyri berhasil membobol gawang Portugal di menit ke-42.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Al Thumama ini, Portugal melalui Bruno Fernandes hampir menyamakan kedudukan. Namun, tendangannya membentur mistar gawang.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo baru dimainkan di babak kedua, yakni pada menit ke-51. Sayangnya, Ronaldo tak memberikan tambahan angka pada laga tersebut.

Adapun kiper Maroko, Yassine Bounou, menjadi sorotan karena melakukan penyelamatan untuk membelokkan tembakan keras Joao Felix. Ia juga menghentikan upaya Ronaldo pada menit akhir.

Dengan kemenangan ini, Maroko menjadi tim Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia 2022. Tiga tim Afrika sebelumnya yang sempat mencapai perempat final tersingkir pada tahap ini, yakni Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010).

Adapun kekalahan Portugal dari Timnas Maroko cukup mengejutkan bagi para penikmat sepak bola. Beberapa dari mereka yang menginginkan Ronaldo dan Messi bertemu di final pun tak akan terealisasi.

Saat ini, Argentina masih melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka akan berhadapan dengan Kroasia, Rabu (14/12/2022) dini hari.

Sementara itu, Maroko akan menghadapi Prancis pada laga semifinal Piala Dunia 2022, Kamis (15/12/2022) dini hari. Prancis juga berhasil lolos ke semifinal setelah membungkam Inggris dengan skor 2-1.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.