Sukses

5 Aturan yang Harus Ditaati Para Tamu Undangan Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Berikut 5 aturan yang harus ditaati oleh para tamu undangan penikahan Kaesang Pangarep dan Erina di Pura Mangkunegaran

Liputan6.com, Yogyakarta - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan akad nikah pada hari ini (10/12/2022). Akad nikah putra bungsu Presiden Jokowi dengn finalis Putri Indonesia ini akan digelar di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Prosesi pernikahan keduanya hanya mengundang sejumlah keluargam kerabat dan kolega terdekat saja. Rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina akan dilanjutkan dengan resepsi di Puro Mangkunegaran, Solo.

Dalam acara ini setidaknya ada 6.000 tamu undangan dari berbagai kalangan yang akan hadir. Berlokasi ditempat bersejarah yang cukup sakral, ada beberapa aturan yang harus diperhatinkan para tamu undangan respsi Kaesang dan Erina Gudono.

Berikut 5 aturan yang harus ditaati oleh para tamu undangan penikahan Kaesang Pangarep dan Erina di Pura Mangkunegaran.

1. Dilarang Menggunakan Motif Batik Parang

Tamu undangan Kaesang Pangaren dan Erina Gudono diminta untuk tidak menggunakan motif batik parang lereng. Hal ini susuai dengan tradisi yng sudah berlaku di Pura Magkunegaran, Solo.

Pasalnya motif batik parang lereng memiliki makna filosofi yang cukup dalam dan sakaral bagi keluarga Keraton Solo dan Yogyakarta.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Menggunakan Kendaraan Pribadi

2. Tidak Menggunakan Kendaraan Pribadi

Resepsi pernikahan Kaesang dan Erina akan menjadi acara besar dengan ribuan tamu undangan dan perhatian masyarakat sekitar. Agar tidak memicu kemacetan, para undangan diharap tidak menggunakan kendaraan pribadi menuju ke lokasi acara.

Namun panitia acara telah menyiapkan setidaknya 220 bus yang akan mengangkut undangan dari hotel menuju Puro Mangkunegaran, begitu pula sebaliknya.

3. Wajib Bawa Undangan

Tamu undangan Kaesang juga diwajibkan membawa undangan agar bisa masuk ke lokasi acara. Setiap undangan yang disebar disertai dengan barcode untuk memastikan identitas tamu, guna mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Pasalnya beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan dengan beredarnya undangan digital pernikahan Kaesang dan Erina. Lewat akun Instagram miliknya, finalis Putri Indonesia asal DIY itu menyatakan jika undangan pernikahannya hanya berbentuk fisik tanpa versi digital sama sekali.

4. Tidak Perlu Bawa Sumbangan

Dalam undangan, yang kemudian beredar di media sosial, para undangan diminta untuk tidak membawa sumbangan maupun kado apa pun. Gibran mengatakan keluarganya hanya berharap mendapatkan doa sebagai hadiah terbaik untuk pernikahan adiknya.

Sebenarnya ini bukan aturan yang baru karena larang serupa juga berlaku pada pernikahan dua anak Presiden Jokowi yang lain.

5. Tertib, Tidak Ribut, dan Hanya Berada di Area Pendopo

Beberapa waktu yang lalu Gibran selaku ketua panitia pernikahan adiknya menghimbau kepada seluruh tamu undangan untuk menjaga ketertiban. Ia juga mempersilahkan para tamu undangan untuk menikmati jamuan hindangan yang disediakan para acara resepsi Kaesang dan Erina.

Namun ia juga mewanti-wanti para tamu undangan untuk hanya berada di pendopo tempat acara berlangsung. Pasalnya, Pedopo Ageng Pura Mangkunegaran masih satu bangunan dengan Pringgitan.

Pringgitan atau kawasan singgasana raja yang sakral berada persis dibelakang pendopo tempat acara berlangsung. Pringgitan menghubungan dengan Dalem Ageng yang menjadi kediaman keluarga Mangkunegaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.