Sukses

Ini Manfaat Cek Kesehatan Pranikah di Puskesmas yang Dilakukan Erina Gudono

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebelum melangsungkan pernikahan dengan Kaesang Pangarep, Erina Gudono sempat melakukan pre-marital check-up (pemeriksaan kesehatan pranikah) di Puskesmas. Pengecekan kesehatan memang menjadi salah satu syarat yang harus dilakukan kedua calon pengantin.

Erina melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah di Puskesmas Ngaglik I Jalan Kaliurang No.10, Gondangan, Sarsonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Hal tersebut sempat terlihat di akun Instagram @erinagudono yang membagikan ulang cerita Instagram dari akun @annisaratih10_.

Dalam cerita tersebut, tampak Erina Gudono berfoto bersama tenaga kesehatan di Puskesmas. Foto tersebut disertai dengan caption, "Lancar acaranya, Mbak @erinagudono. Terimakasih sudah melibatkan @puskesmasngaglik1 ke dalam rencana besarnya."

Mengutip dari promkes.kemkes.go.id, melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah merupakan sebuah tindakan pencegahan yang wajib dilakukan. Selain sebagai syarat wajib yang dilampirkan dalam dokumen pernikahan, hal ini juga untuk mencegah terjadinya permasalahan kesehatan pada diri sendiri, pasangan, maupun keturunan ke depannya.

Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan genetik, penyalit menular, dan infeksi yang dilakukan melalui darah. Adapun tahapan pemeriksaan ini dilakukan dengan pemeriksaan fisik, pemeriksaan penyakit hereditas, pemeriksaan penyakit menular, pemeriksaan organ reproduksi, dan pemeriksaan alergi.

Pemeriksaan fisik lengkap dilakukan untuk mengetahui status kesehatan yang umumnya dapat dilihat lewat tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat membahayakan kandungan karena akan menghambat tumbuh kembang janin. Pemeriksaan ini juga berfungsi untuk mengetahui beberapa riwayat penyakit, salah satunya diabetes.

Sementara itu, pemeriksaan penyakit hereditas dilakukan untuk mencegah adanya penyakit hereditas yang biasanya diturunkan dari kedua orang tua. Penyakit ini bisa berupa gangguan kelainan darah yang dapat membuat penderitanya tidak bisa memproduksi hemoglobin (sel darah merah) secara normal.

Selanjutnya, pemeriksaan penyakit menular meliputi pemeriksaan beberapa penyakit, seperti hepatitis B, hepatitis C, dan HIV-AIDS. Pemeriksaan ini penting dilakukan karena penyakit-penyakit menular tersebut sangat berbahaya dan mengancam jiwa.
Adapun pemeriksaan organ reproduksi berkaitan dengan kesuburan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memeriksa kondisi kesehatan organ reproduksi diri sendiri dan pasangan.

Sementara itu, pemeriksaan alergi sering kali dianggap sepele. Padahal, melakukan pemeriksaan alergi sangat penting karena alergi yang tidak disadari sejak awal akan terlambat ditangani, sehingga berakibat fatal.

Selain beberapa hal di atas, cek kesehatan sebelum menikah ini juga memiliki beberapa manfaat lain, seperti mencegah berbagai macam penyakit pada calon bayi, yang meliputi thalassemia, diabetes melitus, dan penyakit lainnya. Pemeriksaan pranikah juga dilakukan untuk mengenal riwayat kesehatan diri sendiri maupun pasangan, sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari, khususnya bagi riwayat keturunan yang dihasilkan.

Pemeriksaan kesehatan ini membuat calon mempelai semakin mantap, lebih terbuka, dan lebih yakin satu sama lain mengenai riwayat kesehatan keduanya sebelum melangsungkan pernikahan. Usai melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah, Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono dijadwalkan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS