Sukses

Kilas Balik Erina Gudono, Finalis Puteri Indonesia 2022 yang Jadi Calon Istri Kaesang

Liputan6.com, Yogyakarta - Erina Sofia Gudono atau yang lebih populer dengan nama Erina Gudono merupakan calon istri Kaesang Pangarep, anak ketiga Presiden Joko Widodo. Erina Gudono merupakan finalis Puteri Indonesia 2022 mewakili DI Yogyakarta.

Dalam kontes kecantikan tersebut, Erina berhasil mencapai 11 besar. Ia santer menjadi sorotan publik usai terlihat hadir bersama Kaesang di laga Persis Solo di Stadion Manahan pada Piala Presiden 2022 lalu, setelah sebelumnya aktif di media sosial.

Selain menjadi finalis Puteri Indonesia 2022, anak keempat dari pasangan (alm) Prof Mohammad Gudono dan Sofiatun Gudono ini juga pernah menjadi delegasi UGM (Indonesia) untuk Harvard World Model United Nation pada 2017. Ia juga berhasil menyabet Juara 1 Business Project Competition di Tokyo, Jepang.

Bukan itu saja, Erina juga merupakan Juara 1 AIESEC Social Initiative Competition dan Juara 1 di National Business Plan Competition dan meraih Most Social Spirited Scholar dari UGM FEB Award. Prestasi Erina Gudono juga tercatat dengan memenangkan lebih dari 20 penghargaan di kompetisi bisnis.

Tak hanya di bidang akademik, Erina Gudono juga aktif di beberapa kegiatan nonakademik. Ia aktif dan masih bergabung dengan Komunitas Harapan Fian Yogyakarta, Komunitas Sekolah Marjinal, dan Takesbook Indonesia.

Gadis kelahiran Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, 11 Desember 1996, ini tercatat sebagai lulusan sarjana UGM pada 2018 dengan meraih predikat cumlaude di jurusan S1 Administrasi dan Manajemen Bisnis. Sejak 2021 hingga saat ini, ia sedang menjalani Pendidikan Magister di Columbia University, Amerika Serikat, melalui program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Erina Gudono juga merupakan seorang Asia Analyst di JP Morgan. Sebelumnya, ia merupakan seorang Brand Strategist di Tokopedia, Brand Management di PnG, serta Project at Payment System Policy Department Assistant Manager Apprenticeship di Bank Indonesia, dan Kepala manajer Asto Watch.

Ia juga aktif mengikuti gerakan Save Street Children Indonesia pada 2015. Pada 2016-2017, ia menjadi Duta UMKM.

Mengutip dari slemankab.go.id, pada 2018, Erina menjadi Dimas Diajeng Kabupaten Sleman bersama Afian Ruliyana Arbi. Pada tahun yang sama, Erina juga menjadi Dimas Diajeng Yogyakarta.

Selanjutnya, pada 2019-2020, Erina juga menjadi Duta Pariwisata. Deretan panjang prestasi Erina Gudono di berbagai bidang ini membuktikan sosoknya yang bukan orang sembarangan. Tak heran jika ia menjadi sosok wanita yang akan bersanding dengan Kaesang Pangarep di pelaminan sekaligus menjadi mantu Presiden Joko Widodo.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS