Sukses

Mau Kenyang dan Enak Maksimal? Makan Ramen Jumbo dan Sushi Naga di Sukabumi

Liputan6.com, Sukabumi - Bagi anda pecinta menu masakan Jepang seperti ramen dan sushi, mungkin kedai di Sukabumi yang satu ini bisa jadi pilihan.

Tidak hanya ramen berukuran jumbo, di sana juga terdapat sushi dengan sajian unik berbentuk naga. Go Juu ni, kedai ini berlokasi di Jalan Kramat Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi.

Mi ramen yang tersaji dalam mangkuk berdiameter sekitar 30 sentimeter itu memiliki cita rasa pedas dan gurih, namun bagi anda yang tak suka pedas di sana juga tersedia pilihan kaldu lain dan kuah miso.

Dalam semangkuk ramen itu selain mie, terdapat topping ayam katsu, maguro, potongan gurita besar, sawi putih, daun bawang, dan telur. Dengan kuah yang lebih light dan sedikit creamy.

Kemudian potongan sushi berisi katsu dan alpukat serta saus mayo tersusun meliuk menyerupai bentuk naga, yang semakin menggugah selera.

Salah satu pembeli, Jenong (34) mengatakan jika menu sushi yang ada di sana, selain tersaji dengan bentuk unik, rasanya pun bisa diterima di lidah Indonesia yang sebagian besar menyukai makanan matang.

"Sushinya kita pesan yang matang. Suka aja makanan Jepang. Masih enak rasanya nggak asing di lidah. Kan ada ya makanan Jepang itu pas masuk lidah asing nggak enak, tapi ini enak banget," ungkap Jenong.

Selain ramen, ia juga mencoba menu lain, yang menurutnya juga tak kalah enak dan menarik dengan resto Jepang yang berada di luar Sukabumi.

"Ini kali pertama kita, enak banget, oysternya fresh terus kita juga pesan baby octopus, enak banget. Rasanya juga keren, nggak kalah sama resto-resto di luar kota. Setelah ini kita akan cobain ramen, karena aku suka yang kuah," ujarnya.

Sementara, Supervisor Chef Go Juu Ni, Sumpena (52) mengatakan, kedai itu sudah ada sejak tahun 2006. Bermula dari sang chef yang sudah bertahun-tahun bekerja di beberapa resto Jepang ternama, hingga ke Dubai, kemudian mencoba peruntungan membuka kedai sendiri di Kota Sukabumi.

"Awal buka memang ramen kita bukan yang sekarang, ramen yang oriental Japan banget dan itu gak masuk di lidah konsumen Indonesia. Makanya kita gimana caranya biar diterima sama orang indonesia, jadi kita modifikasi," ujar Sumpena kepada Liputan6.com, Minggu (25/11/2022).

Dalam sehari, kedai itu bisa menjual 20 sampai 50 mangkuk ramen jumbo. Untuk ramen ini, dihargai mulai dari Rp 60 ribuan, sedangkan menu sushi bervariasi mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 400 ribu berupa parsel, yang lebih sering dipesan untuk hadiah. Pada hari biasa kedai ini buka mulai pukul 15.00 - 21.00 WIB, sedangkan di akhir pekan mulai pukul 11.00 - 21.00 WIB.

"Karena memang chef ini suka makan banyak makannya kita spesialkan, karena keunikan go juu ni spesial ramen. Sushi pun sama 8 piece (potong) tapi besar-besar. Kita ada big size," tutur dia.

Lebih lanjut, ia mengungkap mempunyai pelanggan berwarga negara Jepang, menu yang dibuatnya pun diterima baik oleh orang dari makanan itu berasal.

"Kita pernah ada nikahan dia booking kita untuk catering, yang nikah laki-lakinya orang Jepang menikah dengan orang Sukabumi kebetulan. Dan dia bilang oishi, jadi dia udah langganan," pungkasnya.

 

(Fira Alfi Syahrin)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS