Sukses

Jangan Bingung, Ini Cara Mudah Menulis dan Menyusun Daftar Pustaka

Liputan6.com, Jakarta - Daftar pustaka adalah suatu kumpulan referensi yang digunakan dalam sebuah tulisan ilmiah seperti artikel, jurnal bahkan hingga skripsi maupun desertasi.

Menulis dan menyusun daftar pustaka menjadi penting karena sebagai rujukan penulis yang sedang membuat karya ilmiah. Tujuan pembuatan daftar pustaka ini akan memberikan informasi secara rinci kepada pembaca mengenai sumber rujukan resmi.

Daftar pustaka disusun agar para pembaca memahami sumber yang ditulis oleh penulis dan landasan keorisinilan suatu karya ilmiah. Namun, banyak juga mahasiswa yang masih kebingungan menulis dan menyusun daftar pustaka yang benar.

Untuk mempermudahkan kalian dalam penulisan daftar pustaka, berikut kiat cepat dan mudah dalam penulisan daftar pustaka.

Microsoft Word

1. Buka dokumen Microsoft Word yang akan diberi daftar pustaka.

2. Pada menu bar, klik menu “References”.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Langkah Selanjutnya

3. Kemudian pada bagian Citations & Bibliography pilih “Insert Citation” lalu klik “Add New Source”. Sebelumnya pastikan bagian “Style” kamu pilih opsi “APA”.

4. Lalu akan muncul tampilan seperti ini, lakukan pengisian pada semua kolom yang tersedia, dan klik OK.

5. Pada bagian “Type Of Source” ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih, yaitu : Book, Book Section, Journal Article, Article in a Periodical, Conference Proceeding, dan Report. Silakan sesuaikan dengan sumber yang kamu gunakan.

Nah mudah bukan? Sekarang pasti tidak bingung lagi dalam penulisan daftar pustaka yang benar bagaimana, dan cara tersebut dapat mempermudahkan kalian dalam mencantumkan daftar pustaka di karya ilmiah kalian. Semoga Membantu !

Penulis: Nela Qurrotu'ain

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS