Sukses

Mengenal Provinsi Papua Barat Daya, Indonesia Kini Resmi Punya 38 Provinsi

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia saat ini telah resmi mempunyai 38 provinsi setelah DPR mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya menjadi undang-undang (UU).

Setelah pembentukan Provinsi Papua Barat Daya, maka sebelumnya Indonesia yang mempunyai 37 provinsi jadi bertambah satu sehingga sudah ada 38 provinsi di Indonesia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan bahwa pemekaran Provinsi di Papua Barat Daya ini sebagai langkah untuk bisa memajukan pembangunan di sana. Sebab, pembangunan manusia yang ada di daerah tersebut masih tertinggal.

“Kita harapkan dengan adanya pembentukan provinsi yang baru Papua Barat Daya akan mempercepat pembangunan karena kita lihat memang indeks pembangunan manusianya cukup tertinggal dan juga wilayahnya yang sangat luas serta infrastruktur yang masih perlu untuk dipercepat dikembangkan,” kata Tito belum lama ini.

Mengutip dari situs resmi DPR, Anggota Komisi II DPR RI Rico Sia juga mengungkapkan rasa syukurnya atas disahkan dasar hukum pembentukan Provinsi Papua Barat Daya. Ia mengharapkan agar provinsi ini bisa menjadi daerah yang mensejahterakan masyarakatnya.

“Kepada pemerintah yang diwakili Pak Mendagri Tito Karnavian, mohon bimbingannya kepada pemerintahan yang akan datang sehingga Provinsi Papua Barat Daya bisa menjadi daerah yang betul-betul menyejahterakan masyarakatnya,” ujar Rico.

Saat ini, di Papua sudah ada enam provinsi yaitu Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Pegunungan dan sekarang bertambah dengan Provinsi Papua Barat Daya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya

Provinsi Papua Barat Daya ini juga dikabarkan akan mempunyai ibu kota di Sorong. Adapun beberapa wilayah mulai dari kota dan juga kabupaten di provinsi tersebut untuk lebih jelasnya seperti berikut:

1. Kota Sorong

2. Kabupaten Sorong

3. Kabupaten Sorong Selatan

4. Kabupaten Maybrat

5. Kabupaten Raja Ampat

6. Kabupaten Tambrauw

3 dari 3 halaman

Daerah Perbatasan

Daerah Provinsi Papua Barat Daya juga mempunyai beberapa daerah perbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya serta berbatasan dengan laut.

1. Sebelah Timur: berbatasan dengan beberapa Kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Pegunungan Arfak.

2. Sebelah Barat: berbatasan dengan Laut Seram dan Laut Halmahera.

3. Sebelah Selatan: berbatasan dengan Teluk Berau dan Laut Seram.

4. Sebelah Utara: berbatasan dengan Samudera Pasifik.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS