Sukses

Mata Kuliah Jurusan S1 Kedokteran Gigi, Ada Apa Saja?

Meskipun sama-sama memiliki unsur nama kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi berada terpisah dengan Fakultas Kedokteran.

Liputan6.com, Bandung - Meskipun sama-sama memiliki unsur nama kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi berada terpisah dengan Fakultas Kedokteran. Pasalnya, keduanya memiliki hal-hal yang berbeda terkait ilmu dan objek yang dirawat.

Kedokteran gigi adalah ilmu mengenai pencegahan dan perawatan penyakitatau kelainan pada gigi dan mulut melalui tindakan tanpa atau dengan pembedahan.

Seseorang yang mempraktikkan ilmu kedokteran gigi disebut sebagai dokter gigi. Sedangkan, ilmu kedokteran yang berada di bawah Fakultas Kedokteran menyangkut seluruh badan manusia kecuali gigi.

Makanya, ketika mereka sedang menjalani praktik menjadi dokter, para co-ass ini akan mengelilingi semua stase mulai dari mata, bedah, anak,saraf, dan lain-lain.

Nah, buat kamu yang tertarik menjadi dokter gigi, tidak ada salahnya kamu perlu tahu lebih dulu mengenai mata kuliah yang akan didapatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ilmu Kedokteran Gigi Dasar

Pada tingkat awal, kamu akan mendapatkan mata kuliah ilmu kedokteran gigi dasar. Ilmu ini akan membahas terkait perkenalan gigi secara umum sebelum memasuki mata kuliah yang lebih dalam.

Gerontologi

Mata kuliah jurusan kedokteran gigi yang akan kamu dapatkan ketika kuliah adalah gerontologi. Pada mata kuliah ini, kamu akan belajar menangani masalah gigi khusus pada orang dengan usia lanjut.

Para ahli Gerontologi menerapkan ilmu dan segenap pengetahuan yang mereka miliki untuk membantu para lansia menjalani kehidupan yang baik, sejahtera, dan bahagia.

Mereka mengadakan pelatihan bagi para lansia dengan mendidik masyarakat umum untuk turut serta mendorong dan memfasilitasi para lansia tetap aktif dan produktif, melakukan penyuluhan tentang cara-cara yang baik untuk merawat para lansia, dan mengadvokasi terciptanya kebijakan publik yang mengakomodir hak-hak para lansia dan terciptanya hukum yang menjamin perlindungan bagi para lansia.

3 dari 3 halaman

Sistem Stomatognatik

Saat kuliah di Kedokteran Gigi, kamu belajar mengenai sistem stomatognatik, yaitu sistem yang berada pada rongga mulut. Ilmu ini mempelajri terkait bagian-bagian dan fungsi masing-masing sistem.

Sistem tersebut terdiri dari tiga organ utama yaitu sendi temporomandibula, otot pengunyahan, dan gigi geligi termasuk struktur pendukungnya.

Etika, Hukum, dan Forensik

Sebagai calon dokter gigi profesional, kamu juga perlu mengetahui etika profesi pada jurusan ini. Untuk itu, kamu akan mendapatkan perkuliahan mengenai etika, hukum, dan forensik kedokteran gigi agar yang kamu lakukan sesuai dengan kode etik yang berlaku.

Adapun tujuannya adalah untuk mengamankan dan menganalisis bukti digital, serta memperoleh berbagai fakta yang objektif dari sebuah kejadian atau pelanggaran keamanan dari sistem informasi. Berbagai fakta tersebut akan menjadi bukti yang akan digunakan dalam proses hukum.

Itulah beberapa mata kuliah yang ada di dalam Fakultas Kedokteran Gigi. Apakah kamu semakin tertarik dan sudah memutuskan pendidikanmu selanjutnya?

Semoga membantu dan menjadi jalan keluar dari kebuntuan pencarian jurusan, ya!

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.