Sukses

Polisi Ringkus Aktor Utama Komplotan Spesialis Pencuri Mobil Pick Up di Tasikmalaya

Liputan6.com, Garut - Kepolisian Resort Tasikmalaya, Jawa Barat berhasil meringkus D dan R, dua aktor utama komplotan pencurian spesialis pick up terbuka di wilayah Priangan Timur.

“Pelaku yang diamankan tiga, di kami ada dua di Polres Lain satu,” ujar Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Heri Haryanto dalam rilis kasus yang digelar di Mapolres Tasikmalaya, Kamis (17/11/2022).

Menurutnya, pengungkapan kasus pencurian spesialis pick up tersebut berasal dari laporan Neni, salah satu korban pencurian kendaraan roda empat Jenis pick up di wilayah Linggasari, Sariwangi, Jumat (16/9/2022), saat kendaraan pick up miliknya hilang sekitar pukul 05.00 WIB dua bulan lalu di rumahnya.

“Jadi modusnya pelaku ini rusak kunci gunakan obeng khusus, kemudian dia dorong kendaraan jauhi rumah korban baru nyalakan dengan sambung kabel stop kontak,” kata dia.

Tak menunggu lama, setelah laporan Neni masuk, petugas kemudian melakukan penyelidikan termasuk mengindetifikasi lapangan, dengan mengumpulkan sejumlah informasi mengenai perkara pencurian spesialis pick up tersebut.

Hasilnya, dalam waktu dua bulan terakhir, sebanyak tujuh kendaraan bak terbuka jenis pick up berhasil diungkap petugas yang berasal dari Tasikmalaya, Ciamis, Garut dan Sumedang.

Atas perbuatannya, kedua pelaku warga Jahiang Tasikmalaya dan Padaherang Pangandaran itu, dijerat Pasal 363 ayat (1) ke-3, ke-4, ke-5 KUHP dan Pasal 480 KUHP dengan ancaman diatas lima tahun.

Kepolisian langsung mengembalikan seluruh kendaraan pick up kepada pemiliknya dengan syarat membawa kelengkapan administrasi kendaraan.

“Hari ini dua kendaraan yang dicuri sudah kembali ketangan pemiliknya. Kami serahkan langsung,” ujar Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Ari Rinaldo menambahkan.

Neni warga Linggasari, Sariwangi salah satu korban mengaku terharu sekaligus gembira, atas kesuksesan petugas mengembaikan kendaraan pick up miliknya itu.

“Alhamdulillah bapak Polisi haturnuhun, saya gak menyangka kendaraan saya bisa kembali, hatur nuhun pisan,” ujar dia bangga.

Awalnya ia telah mengikhlaskan kehilangan kendaraan miliknya itu, namun bersyukur dalam dua bulan kemudian pick uap berkelir hitam miliknya, akhirnya bisa kembali dengan utuh.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS