Sukses

Tempoyak, Sambal Durian Khas Melayu yang Bikin Candu

Olahan tempoyak di beberapa daerah memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Liputan6.com, Bengkulu - Tempoyak adalah salah satu makanan khas Melayu berbahan dasar buah durian. Kuliner unik ini cukup populer di wilayah Sumatera, terlebih bagi masyarakat Melayu.

Tempoyak adalah olahan jenis makanan yang terbuat dari proses fermentasi buah durian. Kuliner Melayu ini biasanya dikonsumsi sebagai sambal, bumbu penyedap, hingga pelengkap bahan masakan.

Citacrasa dari tempoyak adalah asam yang disebabkan oleh proses fermentasi pada buah durian oleh bakteri asam laktat. Dikutip dari laman dispar.lampungtengahkab.go.id, tempoyak diketahui telah menjadi bahan pelengkap masakan di Sumatra Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, dan Kalimantan. Penyebaran makanan ini ke beberapa lokasi tadi terjadi akibat rute perdagangan masyarakat Melayu pada abad ke-14 oleh Kerajaan Melayu yang berlokasi di Jambi.

Olahan tempoyak Melayu di beberapa daerah memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Di Palembang misalnya, tempoyak diolah menjadi bumbu daging ayam serta menjadi brengkes ikan.

Lalu di Jambi, tempoyak diolah menjadi campuran ikan patin dan baung. Bengkulu menjadikan tempoyak campuran udang, serta di Lampung yang diolah menjadi sambal atau rujak.

Ada dua jenis, yakni tempoyak asam dan tempoyak manis berdasarkan persentase garam yang ditambahkan. Pada tempoyak asam, penambahan garam kurang dari 5 persen dan pada tempoyak asin penambahan garam dilakukan lebih dari 5 persen.

Pembuatan tempoyak pun sangatlah mudah. Daging buah durian yang matang ditambahkan sedikit garam, lalu simpan selama 3-7 hari dengan suhu ruang pada toples yang tertutup rapat hingga didapatkan tekstur seperti bubur.

Tempoyak yang berkualitas baik memiliki tekstur lunak, berwarna putih sampai kekuning-kuningan, berserat halus, lembut agak kental dan sedikit berair. Kuliner ini tidak boleh dikonsumsi mentah atau tanpa dimasak terlebih dahulu, sebab ditemukan jenis jamur Penicillium yang beracun untuk dikonsumsi.

Tempoyak juga mengandung vitamin B1, B2, C, dan mineral seperti kalium, kalsium, dan fosfor yang sangat baik untuk tubuh.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.