Sukses

Tips Menyusun CV dalam Lamaran Kerja Agar Dilirik Perusahaan

Ada perusahaan yang memperbolehkan pelamarnya menulis dengan tangan bahkan ada perusahaan yang menginginkan informasi lengkap.

Liputan6.com, Jakarta - CV atau Curiculum Vitae atau sering juga disebut daftar riwayat hidup adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi ketika kamu akan melamar suatu pekerjaan.

Tampilan CV akan sangat berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya Anda di perusahaan. Terlebih lagi jika Anda melamar pekerjaan di perusahaan yang berhubungan dengan desain maka cara membuat CV menarik akan sangat dibutuhkan.

Beberapa perusahaan menginginkan pelamarnya membuat CV dengan format tertentu. Ada perusahaan yang menginginkan CV yang sekreatif mungkin saat melamar pekerjaan.

Ada perusahaan yang memperbolehkan pelamarnya menulis dengan tangan. Ada juga perusahaan yang menginginkan informasi selengkap-lengkapnya tentang data dirimu.

Namun demikian, Anda harus tahu kriteria CV seperti apa yang diinginkan oleh calon perusahaan atau instansi yang Anda tuju. Hal ini akan membuat nilai lebih terhadapmu.

CV yang baik tidak serta merta harus mencantumkan semua data dirimu seperti nama orang tua kandung, pekerjaan orangtua jumlah saudara, dan lainnya. Informasi tersebut dianggap kurang penting untuk suatu perusahaan.

Jika Kamu termasuk orang yang baru pertama kalinya melamar pekerjaan, tentu saja menulis CV adalah hal yang sangat membingungkan dan butuh ekstra hati-hati. Poin-poin di bawah ini semoga bisa membuat Anda menjadi lebih terbantu.

Identitas

Hal pertama yang harus Kamu tulis di CV Anda adalah identitas atau data diri Kamu. Yang termasuk dalam bagian ini antara lain :

- Nama lengkap

- Tempat dan tanggal lahir

- Alamat lengkap

- Alamat email

- Nomor telepon/handphone

Sebaiknya Anda mencantumkan nomor telepon atau handphone dan alamat email yang masih aktif dan menggunakan nama resmi tanpa embel-embel yang aneh-aneh dan alay.

Jenjang Pendidikan

Di bagian ini Anda perlu mencantumkan jenjang pendidikan mulai dari tingkat menengah ke atas sampai pendidikan terakhir yang dienyam. Selain pendidikan formal, kamu juga bisa mencantumkan pendidikan non-formal yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu inginkan.

Pengalaman

Salah satu manfaat dari CV adalah untuk mengetahui apakah Anda termasuk kandidat yang perlu dipertimbangkan untuk diterima atau tidak. Dari pengalaman inilah, nilai tambahmu.

Sertakan semua pengalaman kerja yang pernah kamu jalani dan juga pengalaman organisasi bagi kamu yang masih menyandang status fresh graduate.

Keterampilan

Di bagian ini, kamu dapat menyertakan keterampilan tambahan yang dimiliki secara mendetail seperti bahasa asing yang dikuasai, apakah berada di tingkatan mahir atau standar. Kamu juga bisa mencantumkan keterampilan komputer yang Kamu kuasai seperti beberapa aplikasi yang ada di komputer.

Prestasi

Selain pengalaman, daftar prestasi yang pernah Anda raih dapat memberi nilai tambah, baik itu pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan, pendidikan maupun kemasyarakatan. Tentunya, yang masih berhubungan dengan pekerjaan yang Anda maksud.

Deskripsi Diri

Jika Anda memiliki keunikan atau kelebihan lain, kamu bisa menuliskannya di bagian ini. Sangat pas untuk mempromosikan kelebihanmu dan untuk meyakinkan bahwa kamu memang layak untuk diterima di perusahaan tersebut.

Dan di bawah ini adalah beberapa trik lebih lengkap tentang cara membuat CV menarik.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Menarik

Setelah komponen utama di atas telah Anda susun, saatnya beralih ke cara membuat CV menarik agar peluang Kamu diterima semakin besar. Karena antara CV yang menarik termasuk pelengkap saja disamping komponen utama. Namun keduanya juga harus seimbang. CV yang baik dan menarik tentunya lebih berkesan daripada yang biasa saja.

Untuk itu perhatikan beberapa cara membuat CV menarik di bawah ini untuk membantu Sahabat membuka jalan menuju kesuksesan karena kesuksesan Kita tidak tahu dari mana jalannya.

Hal sepele seperti CV bisa saja menjadi salah satu jalan menuju kesuksesan tersebut. Berikut cara membuat CV menarik yang bisa Kamu coba praktekan.

Melakukan Riset

Hal paling mendasar sebelum Kamu memulai menuliskan data riwayat hidup adalah Anda perlu melakukan riset terhadap perusahaan yang akan Kamu tuju.

Anda dapat mencari tahu lewat website perusahaan tersebut atau pada kenalan yang telah terdaftar menjadi karyawan disana. Apakah ia termasuk perusahaan yang menginginkan CV yang menarik dan kreatif atau tidak.

Beberapa perusahaan memang tidak berkenan dengan desain CV yang kreatif. Oleh karena itu cara membuat CV menarik tidak selalu berhasil untuk melamar pekerjaan. Bergantung pada perusahaan itu sendiri.

Menggunakan Bahasa dan Ejaan Benar

Cara membuat CV menarik yang kurang diperhatikan oleh banyak orang adalah penggunaan bahasa dan ejaan yang benar. Padahal hal ini menjadi sorotan utama suatu perusahaan.

Ketika Anda benar-benar seorang yang berpendidikan maka Anda harus tahu penggunaan bahasa baku yang baik dan benar. Jadi secara tidak langsung bahasa adalah cerminan kepribadian seseorang.

Banyak orang yang saking fokusnya untuk membuat CV yang kreatif sehingga melupakan tatanan bahasa yang seharusnya digunakan seperti font, ukuran dan spasi hurufnya.

Meneliti Ulang

Saat Anda telah selesai menuliskan CV dengan baik, benar dan menarik, langkah selanjutnya adalah Kamu perlu meneliti ulang hasil yang telah Kamu buat dari awal hingga akhir. Ini karena kemungkinan seperti typo pasti ada.

Meminta Pendapat Orang Lain

Cara membuat CV menarik yang terakhir adalah meminta pendapat orang lain mengenai hasil CV buatanmu. Anda dapat meminta bantuan teman atau saudara untuk review seolah-olah Kamu adalah calon karyawan di perusahaannya.

Trik-trik di atas sebenarnya hanyalah sebagian langkah kecil yang dapat membantumu mencapai kesuksesan. Mengapa? Anda pastinya akan melalui proses perekrutan lain yang masih panjang seperti tes wawancara, tes kesehatan dan lain-lain.

Cara membuat CV menarik ini bisa dipraktekan oleh siapa saja yang akan melamar pekerjaan. Pentingnya tahu cara membuat CV menarik adalah kemungkinan CV Kamu dibaca oleh HRD.

Hal ini karena banyaknya orang yang turut mendaftar membuat CV menumpuk sampai-sampai jenuh untuk sekedar melihatnya saja. Namun dengan CV menarik besar kemungkinan CV mu akan dibaca.

Baru-baru ini telah hadir beberapa aplikasi dan situs yang menyediakan jasa desain CV. Dengan situs ini Kamu bisa mendapatkan CV menarik gratis pula. Ada banyak pilihan jenis, font dan desainnya. Anda tinggal menyesuaikan selera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.