Sukses

Gerakan Olahraga Ringan untuk Pekerja Kantoran

Padatnya aktivitas bekerja menjadi penyebab peredaran darah kurang lancar sehingga membutuhkan sedikit peregangan.

Liputan6.com, Jakarta - Padatnya pekerjaan membuat Anda cepat lelah bahkan menyita waktu hanya untuk sekadar melakukan relaksasi tubuh maupun olahraga.

Padatnya aktivitas bekerja menjadi penyebab peredaran darah kurang lancar. Duduk terpaku di depan komputer karena tuntutan kerja.

Padahal, Anda dituntut agar produktivitas dan prestasi kerja terus meningkat. Meski demikian, Anda tetap harus memikirkan kondisi fisik di tengah padatnya aktivitas.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, Anda bisa melakukan 5 gerakan olahraga ringan ini di sela-sela waktu bekerja.

Peregangan Leher

Efek pertama saat Anda terlalu lama duduk didepan komputer adalah leher dan kepala terasa berat. Anda bisa melakukan Side Neck Stretches atau peregangan leher sederhana dengan memiringkan kepala ke kiri dan ke kanan.

Lamanya peregangan kira-kira sekitar 1 menit. Anda bisa mengulang gerakan ini setiap kali leher terasa pegal. 

Peregangan Bahu dan Pundak

Gerakan ini bisa meringankan rasa pegal dan nyeri pada bagian pundak. Anda bisa melakukan gerakan dengan berdiri atau ini tanpa harus meninggalkan meja kerja. 

Caranya angkat bahumu ke atas kemudian tahan hingga hitungan ke 8 lalu turunkan secara perlahan. 

Peregangan Tubuh ke Arah Samping

Gerakan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan peregangan ke arah samping badan. 

Caranya, Anda duduk tegak di bangku dan angkat salah tangan kanan ke atas dan diikuti dengan memiringkan badan kekiri, tahan selama beberapa detik kemudian turunkan. Lanjutkan dengan mengangkat tangan kiri serta diikuti dengan memiringkan badan kekanan dan tahan selama beberapa detik. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Leg Lift

Sempatkanlah untuk beranjak dari meja dan lakukan gerakan ringan untuk peregangan paha dan betismu. Anda hanya perlu mengangkat kaki ke depan dan ke belakang dengan bantuan kursi kerjamu.

Lakukan secara bergantian antara kaki kiri dan kanan. 

Push Up Ringan di Meja

Ini adalah gerakan push up ringan yang menggunakan bantuan meja kerja sebagai tumpuan. Lakukan gerakan ini dalam beberapa kali hitungan dan ulangi lagi pada saat Sahabat ada waktu luang di sela-sela kerja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.